home

Penjara Termewah DI Dunia


  1. Penjara Sollentuna, Swedia

Penjara Sollentuna, mungkin menjadi penjara termewah di Swedia yang dilengkapi dengan fasilitas lengkap mulai dari lemari, kasur, dapur, televisi,tempat nge gym sekalipun ada didalam penjara ini.

Selain itu penjara ini juga memiliki keberisihan, kenyaman, dan juga kesan mewah layaknya ruang VIP di hotel berbintang. Para narapidana di penjara ini juga bebas menggunakan semua fasilitas yang ada di gedunng penjara tersebut.

  1. Penjara Santa Ana, California

Penjara Santa Ana terletak di california, Amerika Serikat, penjara ini memiliki gedung minimalis yang terlihat unik layaknya sebuah apertemen VIP. Dipenjara ini semua narapidana difasilitasi dengan sarana yang memadai dan ruangan yang bersih.

Penjara Santa Ana memberikan ruang kamar yang luas dan memberi kebebasan untuk semua tahanan di sana untuk mengakses alat elektronik mereka. Dipenjara tersebut juga dilengkapi dengan ruang nonton, perpustakaan, dan sarana olahraga. Para tahanan juga diperbolehkan untuk memakan menu favorit mereka namun karena penjara Santa Ana tempatnya terbatas semua fasilitas tersebut dikenakan biaya mulai dari $ 75 - $ 175.

  1. Al Capone, Philadelphia

Penjara ini sebetulnya tidak lah memiliki fasilitas yang mewah seperti penjara-penjara diatas, namun tidak untuk seorang gangster terkenal asal Chicago, Al Capone, tahun 1929 silam. Ruangan sel tempat Al Capone memiliki desain klasik dan pada tahun itu ruang tersebut sudah masuk katogori mewah.

Didalam ruang tersebut Al Capone menghabiskan waktu selama 8 tahun. Dari dalam ruang itu juga Al Capone dapat menikmati beragam fasilitas yang mungkin tidak akan pernah didapatkan oleh para tahanan lainnya seperti menikmati perawatan tubuh, pembaca buku, dan mendapatkan makanan yang dia inginkan. Diperkirakan Al Capone menghabiskan biaya lebih dari satu juta dollar untuk bisa menikmati fasilitas penjara tersebut sebelum ia meninggal.

  1. Penjara Rutan Pondok Bambu, Indonesia 

Penjara Rutan Pondok Bambu, menjadi satu-satunya penjara paling mewah di Indonesia. Penjara ini memiliki sebuah sel yang mirip dengan yang dimiliki oleh Al Capone, Philadelpia. Penjara Rutan Pondok  Bambu sejatinya adalah penjara biasa untuk para tahanan yang berada di sana.

Namun hal itu tidak termasuk bagi para tahanan koruptor yang berada disana. Sebut saja seperti koruptur perempuan ini artalyta suryani dan melinda dee yang menyulap ruang selnya menjadi sebuah kamar mewah lengkap dengan fasilitas seperti ruang tamu, AC, dan TV, bahkan diruang tersebut mereka bisa memanjakan diri dengan fasilitas perawatan tubuh dan salon.

  1. Penjara Bintang Lima, Austria

Terletak di Austria, penjara yang bernama lengkap The Justice Center, Leoben ini memang pantas dijuluki penjara bintang lima. Dilihat dari bangunannya, penjara ini didesain dengan gaya minimalis. Jendela yang besar, penerangan yang cukup dan bentuk bangunan yang simpel, bikin penjara ini lebih kelihatan seperti gedung kantor daripada penjara.

Begitu juga dengan interiornya yang clean dan sangat terawat. Cat putih bersih, ornamen, dan sofa warna-warni menghiasi bagian dalam penjara. Begitu mengintip ke dalam sel, kita pasti bakal lebih terkagum-kagum. Sel-nya lebih mirip kamar tidur dilengkapi dengan tempat tidur, meja, dan televisi. Sedangkan di luar, ada kafetaria, gym, dan lapangan ping-pong.

Lembaga pemasyarakatan yang ideal tentu sebuah ruang dengan cahaya, udara, keleluasaan bergerak, ruangan 4-5 meter untuk satu orang, dan harus ada teras. Juga LP membutuhkan guru profesional, psikolog, dokter, atau perawat. Asupan makan jatah 450 gram beras, lauk pauk, dan hal lainya per orang untuk tiga kali makan. Tidak cuma itu, juga harus ada telur, daging, sayur, dan entah apalagi agar memenuhi standar kalori yang dibutuhkan tubuh setiap harinya. Juga adanya interaksi kreatif antara LP dan Kementerian Pendidikan, Kementerian Kesehatan, Kementerian Sosial, perguran tinggi. Sebagai contoh kita kerja sama dengan Kementerian Kesehatan memberikan asuransi Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas) bagi narapidana yang sakit.

Penjara ini khusus untuk orang-orang VIP saja. Jadi jangan berpikiran kalo Anda bebas membunuh orang, lalu bisa hidup enak dan diberi makan di tempat semewah ini.

Bima Wahyu
malangcorner


arief-arsitek


Tautan media yang lain