home

Perbedaan desain arsitektur jaman dulu dan sekarang


Kalau bicara desain arsitektur rumah pasti banyak sekali perkembangan – perkembangan yang terjadi, karena desain rumah sendiri mempunyai karakter fleksibel (mengikuti zaman). Pernahkah anda terbayang perbedaan apa saja yang sudah terjadi desain rumah sekarang dengan desain arsitektur jaman dahulu ? Nah, disini kita akan berbagi informasi sedikiti mengenai desain arsitektur pada jaman sekarang dan jaman dahulu.

Desain Arsitektur Jaman Dulu

 

Pada jaman dulu rumah hanya sebagai tempat beristirahat yang menyenangkan dan nyaman dan bersifat pribadi, selain itu rumah pada jaman dulu desain rumah disebut dengan desain tradisional, jadi desain rumah mengikuti dari budaya tradisional sendiri baik itu dari jawa, Kalimantan, irian, Maluku dan masih banyak lagi lainnya.

 

Untuk desainnya sendiripun rumah dulu cenderung memiliki atap yang segitiga yang menjulang tinggi, memiliki halaman yang luas, dengan plafon yang tidak terlalu tinggi, dan hanya memiliki satu lantai, jika ada yang dua lantai rumah tersebut mungkin hanyalah milik konglomerat semata. Jaman dulu tipe mediterania yang sebagian besar memiliki garis lengkung sangat diminati masyarakat.

 

Untuk teknologinya juga masih menggunakan teknologi primitif karena jaman dulu tidak atau belum mengenal besi dan kaca,oleh sebab itu bangunan masih banyak yang memakai kayu dan daun, semua blm ada seperti genteng beton apa lagi dengan dak beton.

Desain Arsitektur Jaman Sekarang

 

Namun pada jaman sekarang jaman modern ini semua desain dan hampir seluruh desain arsitektur sekarang menggunakan konsep bangunan atau desain arsitektur modern. Semua itu bisa kita lihat sendiri dari segi teknolgi dan material – material bahan yang ada seperti besi, kaca, paku, semen dll.

 

Selain dari bahan – bahan dan material – materialnya kita juga bisa melihat dari bentuk gaya rumah itu sendiri dari ada yang minimalis , elegan, tropis dan masih banyak lagi konsep – konsep desain di masa sekarang ini. Untuk pengerjaanya pun sekarang juga sudah banyak yang menggunakan alat – alat berat seperti Bulldozer, Excavator, Clamp Shell, Dragline, Truck Mixer, Dump Truck dan masih banyak lagi. 


Tapi di masa sekarang banyak arsitek-arsitek yang menggunakan konsep tradisional, tapi konsep tersebut di kolaborasikan dengan desain modern dan menghasilkan mahakarya yang manekjubkan. Itulah sedikit informasi perbedaan arsitektur jaman sekarang dan jaman dulu.


arief-arsitek


Tautan media yang lain