home

Persiapan Penting Sebelum Mengecat Rumah


Cat merupakan kebutuhan pokok bagi hunian agar terlihat indah dan melindungi dinding dari jamur dan bercak-bercak. Dana yang digunakan untuk mengecat juga tidak terlalu banyak jika penggunaannya bisa diatur.

Mengecat dinding bangunan bisa dikatakan gampang gampang susah. Bagi pemula yang pertama kali mengecat pasti akan mengeluarkan estimasi biaya dan penggunaan yang tidak teratur dan tidak rapih. Terlebih, pilihan merek dan model cat yang semakin beragam di pasaran mungkin bisa membuat Anda bingung dalam memilih.

Disini kami akan memberikan sedikit pengetahuan Persiapan Penting Sebelum Mengecat Rumah khusus pemula atau yang sudah mahir untuk menambah ketrampilan Anda. Semoga bermanfaat!!


1.Pemilihan Warna Cat

Langkah awal dalam melakukan cat dinding bangunan anda tentunya anda harus memilih warna cat yang sesuai dengan selera Anda dan namun kerap membingungkan. Jauhkan warna cat yang terbilang memiliki hawa panas, redup, dan memiliki skema warna yang tidak bagus untuk bangunan anda. Saran kami cat pada umumnya yang memiliki warna terang adalah warna dasar yaitu putih, cream, biru terang, hijau muda, dan kuning muda.

Namun, Anda bisa antisipasi hal ini dengan merumuskan skema warna. Dengan adanya skema warna, maka Anda bisa membuat tampilan dinding yang lebihcolorful. Catat, jangan terpatok pada pakem yang ada. Anda bebas berkreasi, bahkan dengan menggabungkan warna gelap dan cerah sekaligus.

2.Hitung Luas Area

Berikut dari sumber RumahCom untuk estimasi perkiraan bagian yang akan dicat Untuk mengetahui berapa kaleng cat yang akan Anda butuhkan dalam mengecat rumah, pertama-tama Anda harus menghitung luasan dinding atau plafon yang akan di cat.

Contoh, sebuah ruang berukuran 3 m x 4 m, dengan ketinggian 5 m.
Dinding sisi panjang: 4 m x 5 m = 2 sisi x (4×5) = 40 m2
Dinding sisi lebar: 3 m x 5 m = 2 sisi x (3×5) = 30 m2
Total luas bidang dinding: 40 m2 + 30 m2 = 70 m2

Jika plafon ingin dicat, maka tambahkan dengan luas plafon = 3 m x 4 m = 12 m2
Jadi, total luas bidang dinding dan plafon: 70 m2 + 12 m2 = 82 m2

Kurangi dengan luas pintu dan jendela. Contohnya, luas pintu = 2 m x 0,5 m = 1 m2
Maka, total luas bidang yang akan dicat: 82 m2 – 1 m2 = 81 m2

3.Hitung Kebutuhan Cat

Kalau kita sudah mengetahui daerah mana saja yang akan dicat beserta luasnya maka anda harus menentukan kebutuhan merek cat apa yang akan dipilih. Ini penting karena berkaitan dengan daya kualitas cat yang berbeda-beda Sebagai contoh untuk Dulux maka daya sebarnya sekitar 12 m2/ liter untuk pengecatan satu lapis. Sementara cat Vinilex daya sebarnya sekitar 9 m2/kg untuk pengecatan satu lapis.

Umumnya dinding baru memerlukan pengecatan hingga 3 lapis, tapi untuk renovasi atau dinding lama cukup dilakukan pengecatan 2 lapis.
Nah sekarang mari kita hitung berapa galon cat yang Anda butuhkan. Rumusnya: (total luas bidang yang akan dicat: daya sebar) x jumlah lapis pengecatan.
Maka jika menggunakan cat Dulux: 81/12 x 2 = 13,5 liter (ada 6 galon yang dibutuhkan).

4.Kenali Jenis Cat

Untuk lokasi, jenis cat dibagi dalam cat interior dan cat eksterior. Namun belakangan ini pilihan cat interior dan eksterior juga menghasikan efek yang beraneka ragam.
Untuk interior, cat flat finish atau kesan halus dan datar banyak dipilih oleh konsumen.
Namun jika ingin menghadirkan kesan dekoratif dan artistik dalam ruangan, jenis cat dekoratif patut dicoba. Hasil akhirnya akan meninggalkan efek tekstur bergelombang, kasar, granit, atau retak-retak.

Sedangkan untuk cat eksterior, ada beberapa merek yang menyediakan cat pelapis dengan fitur anti bocor dan anti retak dari perubahan musim.
Sementara itu ada juga pilihan cat glossy atau eggshell yang memberi kesan kilap. Cat ini cocok di aplikasikan pada pintu, list atau bingkai jendela.

5.Siapkan Dinding Sebelum di Cat

Setelah menyiapkan berapa kaleng cat yang dibutuhkan beserta alat-alatnya, maka kini saatnya mempersiapkan dinding lama untuk dipulas.
Langkah pertama pindahkan atau tutup semua furnitur agar tidak terkena cat.

Tutup stop kontak dan bagian lain yang tidak ingin terkena cat dengan isolatip. Kemudian bersihkan tembok dari cat lama menggunakan amplas.
Pastikan permukaan dinding rata dan cat dengan warna dasar putih sebelum mulai mewarnai dengan warna favorit Anda.

Demikian Tips persiapan penting sebelum mengecat rumah yang kami sampaikan kepada Anda, Semoga bermanfaat yaa ^^




Tautan media yang lain