home

Piala Gubernur Kaltim 2016


Piala Gubernur Kalimantan Timur siap digulirkan mulai 27 Februari mendatang, dan akan rencananya rampung pada 6 Maret 2016. Mempertemukan 11 tim papan atas Indonesia dan Pra-PON Kaltim, empat stadion bakal bersiap untuk menjadi tuan rumah. Pusamania Borneo FC (PBFC), Mitra Kukar, Persiba Balikpapan, dan tim Pra-PON Kaltim akan jadi tuan rumah dalam kesempatan kali ini. Dalam pembagian grup, keempatnya dipisahkan dari grup yang berbeda pada babak penyisihan.

Semua klub bakal  beradu taktik di tiga stadion yakni Stadion Utama Kaltim di Palaran,  Stadion Segiri Samarinda, Stadion Aji Imbut di Tenggarong, dan Stadion Persiba, Balikpapan. Laga penyisihan digelar mulai Sabtu, 27 Februari hingga 6 Maret 2016. Yang menarik pada turnamen ini, laga semifinal dibuat dalam format trofeo 3x45 menit. Artinya, ada enam klub yang lolos ke babak ini. Jika hasilnya imbang dalam waktu normal pertandingan maka akan dilanjutkan adu penalti. Pertandingan Piala Gubernur Kalimantan Timur disiarkan langsung maupun tunda oleh stasion televisi Trans7.

Pertandingan Piala Gubernur Kalimantan Timur “Stadion Utama Kaltim di Palaran, Samarinda” didaulat sebagai tempat pertandingan pertama sekaligus partai final. Pada upacara penutupan turnamen, panitia akan menyerahkan hadiah senilai Rp 1,5 miliar kepada juara umum turnamen Piala Gubernur Kaltim ini.

Pembagian Grup Turnemen Piala Gubernur Kaltim 2016
Grup A
1. Pusamania Borneo FC
2. Arema Cronus
3. Persela Lamongan
4. Gresik United

Grup B
1. Mitra Kukar
2. PS TNI
3. Madura United
4. Sriwijaya FC

Grup C
1. Persiba Balikpapan
2. PON Kaltim
3. Surabaya United
4. Semen Padang

Peringkat pertama dari grup babak trofeo akan bertemu di final untuk perebutan juara. Kemudian, peringkat kedua dari babak trofeo akan memainkan laga yang memperebutkan tempat ketiga. Stadion Palaran ditunjuk untuk menghelat partai pembuka dan final.

Selain itu, ada penghargaan khusus untuk pemain muda terbaik sepanjang turnamen ini. Pemain muda dihitung jika di bawah usia 23 tahun. "Kami memberikan penghargaan untuk pemain muda, yang masih di bawah 23 tahun.

Rincian Hadiah

Juara: Rp 1,5 miliar

Runner-up: Rp 1 miliar

Peringkat ketiga: Rp 500 juta

Peringkat empat: Rp 300 juta

Pemain terbaik: Rp 150 juta

Top skor: Rp 100 juta

Pemain muda terbaik: Rp 100 juta

Untuk jadwal pertandingan :

Penyisihan: 27 Februari- 6 Maret 2016
Semi final: 9-10 Maret 2016
Final dan perebutan tempat ketiga: 13 Maret 2016


arief-arsitek


Tautan media yang lain