home

Poin dasar untuk menjadi seorang arsitek


Anda bercita cita untuk menjadi seorang arsitek ? Pasti jawabannya Ya. Sebenarnya di dalam dunia arsitektur profesi sebagai arsitek, mendesain gedung-gedung pencakar langit di dunia dengan bayaran yang tinggi selangit tentu akan menjadi sebuah kebahagiaan dan impian yang sangat membanggakan. Istilah arsitek sendiri adalah diambil dari bahasa Yunani yaitu ‘ architekton ‘ yang artinya master pembangunan. Itu untuk ada beberapa faktor poin dasar untuk menjadi seorang arsitek yaitu :
1.Menguatkan niat 


Maksudnya disini untuk menjadi seorang arsitek harus memiliki niat yang ulet dan harus benar-benar kuat. Karena tanpa didasari dengan niat yang kuat tidak akan bisa menjadi seorang arsitek. 

2.Berkomunikasi yang baik


Untuk yang berikut ini tidak hanya untuk arsitek saja tapi untuk seluruh pbidang profesi harus sangat memerhatikan yang namanya berkomunikasi yang baik. Karena berhubungan dengan seni mendesain seorang arsitek tentu harus mampu mengomunikasikan desainny kepada klien dengan baik.

3.Ramah dan Mudah bergaul


Seorang arsitek harus ramah dalam hal pergaulan, tanpa mempermasalahkan status golongan maupun kasta. Karena dengan keramahan dan pandai dalam hal pergaulan seorang arsitek nantinya akan mudah juga untuk bersahabat dan mendapatkan seorang calon klien. 

4.Mampu memahami kondisi psikologis klien


Hal yang penting lainnya adalah kenalilah kepribadian dan karakter seorang klien dengan baik. Pemahaman kondisi psikologis klien merupakan hal yang sangat penting karena ilmu arsitektur merupakan teknik yang mengandalkan logika dan seni yang lebih mengutamakan intuisi. Oleh sebab itu, jangan pernah untuk memaksakan kehendak pribadi Anda pada klien. Posisikanlah diri Anda sebagai rekan kerja, bukan sebagai orang yang lebih ahli, agar klien merasa lebih nyaman. Kenyamanan itulah yang akan membuat mereka merasa dihargai saat menyampaikan keluhan dan keinginannya. Setelah itu, barulah Anda berikan masukan serta solusi yang tidak bersifat memaksa sehingga klien akan memberikan kepercayaan penuh untuk menyelesaikan proyeknya.

5.Up To Date


Sebagai seorang arsitek, Anda wajib utnuk dituntut selalu mengikuti perkembangan yang terjadi di dunia teknologi dan informasi. Banyak sumber informasi yang bisa anda pilih untuk memperbarui informasi, misalkan dari internet, majalah, koran, serta berbagai media informasi dan teknologi lainnya. Untuk memuluskan karier arsitek anda, bekalilah diri Anda dengan kemampuan multimedia yang mumpuni. Dengan demikian, Anda akan lebih mudah untuk mengemukakan beberapa ide desain dalam visualisasi 3 dimensi atau 3D kepada calon klien. Dengan visualisasi 3D, klien akan lebih paham mengenai denah, potongan, tampak, site plan, blok plan, dan istilah lain, yang mungkin sebelumnya terdengar asing.

6.Profesional


Setiap pekerja dan apapun pekerjaan itu semua dituntut untuk bersikap profesional dalam menjalankan pekerjaannya, termasuk seorang arsitek sendiri. Oleh sebab itu, Anda harus bersikap profesional saat mengerjakan proyek yang telah diberikan. Selain profesionalisme, Anda juga dituntut untuk berkomitmen terhadap waktu serta janji yang telah disepakati harus dijunjung tinggi.

Berikut adalah beberapa ringkasan dari tugas – tugas seorang arsitek : 
1.Memenuhi persyarat yg diminta dlm kerangka acuan penugasan.
2.Memberikan kemampuan serta keahliannya sesuai dengan standar kinerja keahlian arsitektur.
3.Menguasai serta mematuhi perudangan dan peraturan berlaku.
4.Kesalahan atau ketidaksempurnaan pekerjaan pada bidang perencanaan adalah menjadi tanggung jawab dari masing-masing ahli atau konsultan bidang yang bersangkutan, tapi arsitek tetaplah merupakan pihak yang memegang kendali kinerja tim secara keseluruhan.
5.Melaksanakan tugas koordinasi bersama konsultan lain atau ahli.
6.Melaksanakan tugas pengawasan secara berkala atau pemeriksaan pelaksanaan konstruksi


arief-arsitek


Tautan media yang lain