home

Rio Haryanto Akui Kesalahan Saat Uji Coba di spin Barcelona


Debutan Formula 1 2016 asal Indonesia yang membela Manor Racing, yaitu Rio Haryanto mengakui bahwa spin yang terjadi pada hari ketiga uji coba pramusim di Barcelona-Catalunya, Spanyol pada hari Rabu (24/2) merupakan akibat dari kesalahannya sendiri.

Spin Rio yang terjadi di tikungan kelima ini sempat menyebabkan bendera merah dikibarkan dan sesi uji coba dihentikan sementara sebelum jam rehat tiba. Meski begitu, Rio berhasil kembali ke lintasan pada sesi siang, menjalani 78 lap, lebih banyak ketimbang tandemnya, Pascal Wehrlein pada hari pertama (71 lap) dan hari kedua (54 lap).

"Saya melakukan kesalahan kecil. Tak ada kerusakan pada mobil, jadi kami bisa melanjutkan uji coba di sesi siang. Dibandingkan dua hari sebelumnya, kami melakukan lap lebih banyak. Jadi uji coba ini sangat produktif," ujar Rio seperti yang dilansir GPUpdate. Pembalap tim Manor Racing itu dilaporkan tak mengalami cidera apapun. Belum jelas apa penyebab mobil tergelincir keluar jalur.

Dalam uji coba ini, pebalap kelahiran Solo, Rio Haryanto tersebut mencatatkan waktu 1 menit 28,249 detik. Meski menjadi yang terbuncit dari 12 pebalap yang turun lintasan, Rio mengaku “MRT05 yang disokong mesin Mercedes lebih baik ketimbang MR03 bermesin Ferrari yang ia kendarai akhir tahun lalu GP2” dalam uji coba Pirelli.

"Saya lebih siap ketimbang saat pertama kali mengendarai mobil F1, tapi secara keseluruhan saya merasa lebih nyaman ketimbang sebelumnya. Ini merupakan salah satu target Manor tahun ini, menjadi tim papan tengah. Saya rasa performa kami akan meningkat hari demi hari. Potensi kami akan terlihat nantinya," tutup Rio, yang kembali turun lintasan pada hari Kamis (25/2).


arief-arsitek


Tautan media yang lain