home

Sentra Industri Rotan Malang


Malang - Balearjosari adalah sebuah kelurahan di wilayah Kecamatan Blimbing, Kota Malang, secara geografis Kelurahan Balearjosari merupakan kelurahan yang berada di posisi paling utara sekaligus sebagai pintu gerbang masuk kota Malang. Secara geografis, Kelurahan Balearjosari merupakan kelurahan yang berada di posisi paling utara sekaligus sebagai pintu gerbang masuk Kota Malang.

Industri kerajinan rotan balearjosari merupakan salah satu Sentra industri yang terletak di jalan raya balearjosari dan tersebar di Jalan Satria. Industri Kerajinan Rotan Balearjosari ini bersifat 'Padat Karya', yakni menggunakan jasa manusia dalam keseluruhan proses produksinya. Hal tersebut berarti ada tenaga kerja yang di serap oleh tiap-tiap pengrajin. Saat ini ada 2 jenis Pelaku usaha kerajinan rotan di Balearjosari, yaitu penjual dan pengrajin.

Bahan baku kerajinan rotan di dapat dari Surabaya, dan berasal dari Kalimantan. Alur distribusi rotan terdiri dari beberapa pelaku Petani, Pengumpul, Pengumpul besar lokal, Pedagang antar pulau, Industri rotan, eksportir rotan. Sedangkan untuk bahan baku lainnya seperti Mendong, enceng gondok,agel, dan Banana di dapat dari daerah sekitar malang raya, pelaku usaha / pengrajin rotan sendiri mendapat pasokan dari daerah Wajak, Kab. Malang. Karena sulitnya bahan baku rotan, saat ini para pelaku usaha / pengrajin rotan  banyak yang menggunakan anyaman dari bahan rotan sintesis atau plastik untuk produk furniturnya.


arief-arsitek


Tautan media yang lain