home

Sentra Kerajinan Keramik Dinoyo Malang


Malang – tak hanya mempunyai kualitas di pendidikannya saja lo, Tapi siapa sangka di kota Malang terdapat wisata sentra kerajinan keramik yang terletak di daerah Dinoyo,Kota Malang,Jawa Timur Indonesia. Kerajinan keramik Dinoyo terletak di tengah – tengah perkampungan pengrajin keramik di kapung dinoyo tepatnya. Kerajinan ini sudah bergerak sejak tahun 1957. Awal mulanya lingkungan ini banyak memproduksi gerabah. Gerabah adalah salah satu jenis keramik yang sudah di kenal sejak dulu. Dengan bahan dasarnya yaitu tanah liat, gerabah yang di kenal dengan sebutan earthenware adalah nenek moyang dari banyak macam jenis keramik yang ada.

Tapi, seiring dengan jalannya waktu yang ada gerabah mulai ada pembaruan/perkembangan. Hal ini di picu karena adanya keramik buatan cina yang mulai masuk ke Indonesia.Oleh karena itu, terjadi perpaduan pembuatan keramik lokal dengan keramik porselen yang menghasilkan keramik  semi porselen. Karakter keramik Dinoyo terlihat dari corak warna dan desainnnya yang natural. Pewarnaan yang sejuk dan terang,Untuk  corak keramik banyak yang menggunakan bentuk bunga dan dedaunan. Alhasil keramik yang dapat di bentuk ialah antara lain Hiasan dinding,Vas Bunga,Gelas, sampai macam-macam souvenir.

Sentra kerajinan Industri Keramik Dinoyo ini berhasil di wujudkan dalam UPT (Unit Pelayanan Teknis dan Pengadaan Bahan Baku) yang menyediakan tanah liat putih dan bahan – bahan guna untuk keramik nantiya yang telah jadi,selain itu pengadaan pelatihan-pelatihan juga di adakan berupa seminar-seminar maupun workshop, dan juga bantuan berupa ajang unjuk karya dalam sebuah acara pameran. Dengan begitu pengrajin akan lebih produktif serta lebih tanggap memenuhi kebutuhan pasar.

Kerajinan keramik Dinoyo rata-rata produksi dalam sebulan bisa mencapai ±3000-4000 unit keramik yang dapat di hasilkan. Penasaran dengan Kerajinan Keramik Dinoyo ? Ayo langsung saja ke TKP untuk melihat dan bertanya langsung dengan narasumber kerajinan keramik Dinoyo,dan jangan lupa souvenirnya lo.


arief-arsitek


Tautan media yang lain