home

Taksi terunik di dunia


Seminggu kemarin Jakarta lagi dihebohkan dengan berdemonya para supir taksi yang menuntut dihapuskannya transportasi umum berbasis aplikasi. Terlepas dari itu semua, memang taksi sudah menjadi moda tranpsortasi yang dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia untuk sarana mobilisasinya. Kalau di Jakarta mobil taksi hanya berbentuk mobil sedan, berbeda dengan di luar negeri. Di luar negeri, enggak cuma mobil jenis sedan aja yang dijadikan taksi. 

Meski tidak se-tenar angkutan umum lain, seperti bus kota, ataupun kereta api. Taksi nyatanya masih menjadi primadona para turis untuk menjelajah di negara yang mereka kunjungi. Selain kenyamanan, ada hal-hal lain yang menjadikan taksi masih diminati. Bahkan beberapa perusahaan taksi di dunia khusus membuat taksi-taksi unik untuk memikat para turis. 
Berikut daftar taksi-taksi terunik di seluruh dunia :

1.Taksi Air


Kalau di Indonesia untuk melintasi sungai biasanya menggunakan "Gethek" atau perahu kecil, maka tidak demikian di New York. Para turis disana disedikan Taksi air untuk melintasi sungai.

2.Taksi Udara


Tidak taksi air saja, taksi udara pun juga ada. Taksi udara ini bisa anda nikmati di Florida, Amerika Serikat. Namun sayangnya anda harus mengeluarkan uang yang cukup banyak untuk menyewa taksi jenis ini.

3.Divine Taksi London


Taksi ini memiliki desain paling gaya untuk berkeliling kota London. Sesuai dengan namanya, taksi ini memiliki eksterior yang memiliki desain menarik. Setiap penumpang akan terasa menyenangkan bila berada di dalamnya.

4.Coco Taksi


Meski desain bodynya terbuka sehingga menyebabkan banyak debu yang masuk kedalam, namun taksi ini banyak diminati karena keunikan desainnya. Taksi ini bernama Coco Taxi, dan dapat dijumpau di Havana, Kuba. 

5.Kawaii taksi


Taksi ini menggunakan warna terang seperti kuning dan oranye. Tidak hanya pilihan warna yang unik, taksi ini juga memiliki desain yang menarik didesain dengan bentuk skuter matic yang ramah lingkungan. Kawaii taxis ini hanya dijumpai di Tokyo.

6.Solar Taksi


Taksi dengan kombinasi warna biru dan putih ini tidak memiliki pintu. Taksi ini juga menggunakan tenaga surya untuk menjalankannya sehingga hanya bisa berjalan di siang hari, dan dijumpai di Swiss. Cukup keren tidak ^^.

7.Taksi VW


Taksi VW ini sudah cukup lama dikenal masyarakat. Taksi yang tenar lewat film telenovela yang berasal dari Meksiko ini memiliki desain yang unik. Dengan kombinasi hijau dan putih, taksi ini terkesan vintage saat Anda menumpanginya.

8.Taksi Lamborghini


Mobil keren sepertinya tidak hanya khusus untuk balapan, buktinya sebuah perusahaan taksi di Kanada menggunakanLamborghini sebagai mobil antar mereka. Taksi ini digunakan untuk mengantar birokrat dan tamu-tamu resmi. 

9.Taksi Porsche Cayenne


Bila ingin menaiki taksi ini, haruslah menjadi orang yang sangat penting. Pasalnya, taksi khusus tamu VIP ini menjadi transportasi umum di Moskow, Rusia. Bila Anda melihat mobil ini, pasti ingin merasakan perjalanan tanpa memikirkan jarak yang ditempuh.

10.Taksi Hummer


Ini adalah taksi di wilayah Texas yang siap melintasi wilayah padang pasir dan daerah menyeramkan lainnya. Ini bukti bahwa taksi Hummer memberikan kenyamanan dan kecepatan dalam bepergian.

11.Taxi Fabric 


Taxi Fabric yang berbasis di Mumbai, India, menciptakan sesuatu yang baru di dalam taksi yaitu mengubah dalam taksi dengan desain interior yang sangat menarik dan lebih cerah. Taksi di Mumbai hanyalah kendaraan umum biasa yang mungkin tak terlalu banyak dilirik. Namun sekelompok seniman yang tergabung dalam proyek Taxi Fabric membuat semuanya berubah.
Interior setiap taksi, dari langit-langit dan pintu ke kursi hingga pegangan pintu telah dirancang khusus oleh desainer Mumbai local berbakat. Desainnya sendiri dibuat dari kain-kain print dengan berbagai gambar. Dengan adanya hal ini terbukti penumpang lebih banyak karena merasa tertarik melihat taksi tersebut. Bahkan taksi hias ini menarik minat para wisatawan untuk mencobanya. 
Selain menarik perhatian wisatawan, taksi warna-warni ini bahkan sempat muncul di dalam video klip single Coldplay berjudul “Hymn For The Weekend” yang memang mengambil lokasi di Negara asal Shah Rukh tersebut. Taxi Fabric melakukan ini untuk menarik minat penumpang dan mengenalkan budaya local India sekaligus media untuk mengiklankan diri. Dengan cara ini juga diharapkan masyarakat dapat lebih terbuka kreatifitas anak muda.

Itulah 11 taksi terunik di dunia,dan masih banyak lagi. Taksi-taksi diatas memang unik karena bentuknya tidak lazim, terlalu mewah, menngunakan tenaga matahari, hingga bisa digunakan dalam tempat tertentu, seperti taksi air dan taksi udara. Bagaimana, apakah anda tertarik untuk mencoba salah satunya ?


arief-arsitek


Tautan media yang lain