home

Teknologi Hologram dan Holografis Masa Depan


Bagi anda yang pernah lihat atau juga pecinta film-film Star Wars pastinya tahu akan berbagai macam teknologi yang ditampilkan dalam film tersebut. Salah satunya teknologi yang kini sedang dikembangkan adalah “Hologram” yang memudahkan komunikasi antara satu atau lebih dari dua orang berlangsung.
 
Teknologi Hologram ini akan menjadi langkah awal dari teknologi di masa depan. Saat ini sebagian besar perusahaan masih fokus dengan TV 3D dan gadget lainnya yang tidak memerlukan kacamata 3D, dan nampaknya pabrikan Toshiba akan menjadi perusahaan pertama yang merilis TV 3D tanpa memerlukan kacamata 3D seperti produk lama.

Kita diketahui bahwa di bioskop sekarang sudah menampilkan beberapa film dengan menggunakan kaca mata 3D, tapi perlahan hal ini akan membuat kita bosan dan membuat mata kita lelah karena mata terlalu fokus terhadap efek yang ditampilkan. Awalnya memang menyenangkan tapi coba gunakan kacamata 3D itu dalam waktu yang lama pasti akhirnya membuat sensasi menonton menjadi kurang nyaman. Tak perlu dikatakan, mengenakan kacamata menjadi menjengkelkan jika sobat berencana untuk menonton film 3D untuk waktu yang lama. Teknologi 3D hologram ini akan sangat membantu berbagai kebutuhan manusia di jaman sekarang. Kesibukan dan mobilitas yang tinggi bisa teratasi dengan teknologi telekomunikasi ini. 

Selain produk TV, smartphone akan juga mengeluarkan teknologi yang sama yaitu “Tampilan Holografis” saat ini semakin dekat dengan realisasi. Satu perusahaan di California yang bernama Ostendo sedang mengembangkan sebuah chipset yang dapat memroyeksikan video di sebuah bidang diagonal sebesar 48 inci. Jika digabungkan, proyektor-proyektor ini dapat membuat gambar yang lebih kompleks. Bahkan, keyboard proyeksi sudah direalisasikan.

HP sedang mengembangkan interface 3D untuk smartphone, dan ada rumor bahwa iPhone generasi selanjutnya mempunyai fitur interface holografis - 3 dimensi ataupun 2 dimensi.

Sebuah perusahaan di China bernama Takee bahkan sudah meluncurkan smartphone yang bisa menampilkan gambar 3D dengan cara mendeteksi pergerakan mata penggunanya. Smartphone ini bahkan bisa merespon pergerakan jari, sehingga pengguna dapat menggunakannya tanpa harus menyentuh layar. Bayangkan saja bagaimana teknologi ini dapat berkembang pesat di seluruh dunia dan di dunakan oleh semua orang 5 tahun ke depan.


arief-arsitek


Tautan media yang lain