home

Ternyat Di Taman Nasional Manusela Menyimpan Banyak Wisata Alam


Kawasan Indonesia timur merupakan bagian Indonesia dengan begitu banyak wilayah yang belum terjamah manusia. Kekayaan alam yang begitu melimpah dan panorama yang sangat memikat menjadi daya tarik utama wilayah ini. Maluku adalah salah satu provinsi di Indonesia Timur yang hampir semua mempunyai kelebihan ini. Pulau Seram adalah satu wilayah di Maluku yang menyuguhkan keragaman kekayaan alam, terutama di kawasan Taman Nasional Manusela.

Taman Nasional Manusela adalah kawasan konservasi dengan luas sekitar 189.000 Ha. Lokasi kawasan ini hampir meliputi 75 % kabupaten Maluku Tengah. Taman ini merupakan gabungan dari dua cagar alam, yaitu Wae Nua dan Wae Mual beserta seluruh perluasan wilayahnya. Namun, secara administratif kawasan Taman Nasional Manusela termasuk daerah di Kecamatan Seram Utara dengan ibukota Wahai dan Kecamatan Seram Selatan dengan ibukota Tehoru. Taman Nasional ini begitu luas dan mempunyai kekayaan alam serta panorama sangat indah yang terkenal hingga mancanegara.
Wilayah di Taman Nasional Manusela sangat beragam. Mulai dari pegunungan, bukit yang lebih kecil, hutan tropis yang masih alami, pesisir hutan bakau, hingga lautan dengan terumbu karang yang sangat indah. Bahkan, konon Taman Nasional Manusela merupakan daerah konservasi alam terindah yang ada di Indonesia. Berbagai aktifitas pun dapat dilakukan di Taman Nasional Manusela, mulai dari panjat tebing, hiking, camping, snorkeling, hingga diving pun dapat dilakukan di berbagai lokasi dengan daya tarik yang berbeda-beda. 

Bagi para pencinta hiking, kawasan wisata alam ini memiliki Gunung Binaiya yang merupakan gunung tertinggi di Maluku. Gunung ini cukup bersahabat untuk didaki, tentunya dengan prosedur perijinan sesuai aturan yang berlaku. Binaiya tepat berada di tengah Pulau Seram dan sudah memiliki akses hiking yang aman dan sangat indah untuk dilewati. Bagi mereka yang tidak suka pegunungan, kawasan pesisir utara Pulau Seram juga menyimpan pesona luar biasa. Berbagai jenis terumbu karang dan ekosistem laut yang indah siap menyambut kita yang snorkeling atau diving di kawasan tersebut. Tidak lupa, berbagai Resort yang menarik dan indah pun terdapat di kawasan pesisir ini dan siap membawa siapapun yang berkunjung untuk terkagum oleh pesona indah Taman Nasional Manusela.
Berbagai flora dan fauna khas Maluku pun terdapat di Taman Nasional ini. Sebut saja Eucalyptus, beringin, Bakau, ketapang, cemara laut, dan masih banyak lagi menjadi vegetasi alami Taman ini. Untuk Fauna, burung-burung besar seperti Kakatua, Kasuari, Nuri, dan Kasturi atau hewan-hewan semacam Kuskus, Rusa, Mapea, Musang, dan beberapa lainnya menjadi penghuni tetap di Taman Nasional Manusela ini. Bahkan, keberadaan mereka langsung dilindungi di bawah undang-undang yang melarang siapapun untuk berburu di Taman Nasional Manusela.
Taman Nasional Manusela adalah sebuah “harta karun” yang sangat berharga milik Indonesia. Keberadaannya merupakan aset penting bagi masa depan bangsa Indonesia baik dari sektor kehutanan maupun pariwisata. Satu hal yang penting yaitu harus menjadi perhatian adalah upaya pelestarian alam yang telah digalakkan oleh pemerintah melalui tempat ini. Upaya ini tidak akan pernah berhasil bila kita sebagai warga Negara tidak ikut ambil bagian, mendukung, dan mulai peduli terhadap keberadaan Taman Nasional Manusela.


arief-arsitek


Tautan media yang lain