home

Ternyata Kayu Olahan Itu Banyak Manfaatnya untuk material bangunan


Sekarang ini , saat kita membicarakan material kayu dalam dunia arsitektur tak ketinggalan kita menyebut kayu olahan. Hampir semua material seperti plafond , lantai,pintu , sampai mebel sering di definisikan sebagai kayu olahan .

Namun , tahukah anda apa sebenarnya kayu olahan itu ? Kayu olahan sering disebut sebagai engineering wood yaitu produk berbahan dasar kayu yang telah melalui proses pengolahan di pabrik sehingga menghasilkan produk akhir dengan desain ,bentuk,sifat dan kekuatan struktural sesuai kebutuhan dan keinginan .

Banyaknya unsur dalam bangunan yang dapat dibuat dari kayu tidak mengherankan jika produk kayu olahan ini muncul sangat beragam dengan karakteristik berbeda . untuk mebel misalnya , anda bisa memilih kayu lapis (tripleks atau multipleks) , particle board , MDF atau HDF. Masing – masing olahan kayu tersebut memiliki keistimewaan tersendiri yang dapat di sesuaikan dengan kebutuhan . untuk lantai , kayu olahan atau yang sering disebut parket juga cukup bervariasi . ada parket vinir (lembaran kayu tipis) ada pula parket liminate yang lebih ekonomis .

Keuntungan menggunakan kayu olahan :
Dengan menggunakan kayu olahan sebagai bahan produk-produk bangunan kita akan merasakan keuntungan yang besar saat menggunakan kayu olahan. Antara lain :

-Banyak jenisnya .
    Dukungan perkembangan teknologi pengolahan kayu dengan berbagai metode memang memungkinkan untuk dapat memproses beragam jenis kayu olahan . sebagai contoh terdapat 3 metode yang digunakan untuk membuat vinir . yaitu mengupas , menyayat,dan menggergaji . setiap metode tersebut menghasilkan kualitas yang berbeda-beda .hal yang tak kalah penting lainnya adalah anda perlu mengingat bahan baku yang di pakai untuk membuat kayu olahan , menentukan sifat dan kekuatan hasil produknya. Sebagai Contoh,multipleks yang berasal dari beberapa lembar vinir yang direkatkan memiliki sifat yang berbeda dengan particle board yang terdiri dari serbuk kayu yang di press setelah di campur perekat . meskipun secara fisik kedua nya hamper mirip namun particle board lebih peka terhadap air sehingga bagian tebal kayu perlu di tambah lis yang di lem sebagai pelindungnya . banyak nya variasi jenis itulah yang menguntungkan, dan sebagai konsumen kita bisa memilih prodek yang sesuai dengan kebutuhan kita .
 
-Penampilan menarik seperti kayu , harga ekonomis
    Pesona kayu memang sulit di bedakan , serat, motif , warna dan tekstur nya menjadi daya tarik tersendiri begitupun dengan kekuatan nya . dalam hal ini kayu solid menjadi andalannya . tak heran bahwa kayu solid harga nya lebih mahal dibandingakan dengan kayu olahan . dari sisi penampilan , kayu olahan tak kalah menarik dari kayu solid , terlebih jika lapisan atas vinir berasal dari material berkualitas tinggi . dan yang terpenting , harga kayu olahan lebih ekonomis , pemasangannya pun praktis , teksturnya yang fleksibel membuat kayu olahan lebih mudah di bentuk atau di bengkokkan .

-Bermacam-macam finishing
    Mengaplikasikan finishing pada permukaan kayu adalah salah satu cara untuk menjaga keawetan kayu . dengan dua jenis pilihan finishing yang memperlihatkan serat atau yang menutup serat kayu . jika anda ingin kayu terlihat alami dan mempertahankan corak dan serat kayu anda bisa mengaplikasikan finishing semitransparan , sebaliknya jika anda ingin menyembunyikan corak dan serat kayu anda bisa memilih finishing dengan warna solid , dan yang bisa diadikan solusi untuk pilihan terakhir ini adalah cat duco.

 
Sumber : majalah seri rumah ide : Kayu Olahan

Dinda A. Ramadhani
PT. Arief Arsitek
Greenwood Golf III / 40 Malang
0341-6102999 / 9795999
www.arief-arsitek.com
malang.corner@outlook.com
dindawalia@gmail.com


arief-arsitek


Tautan media yang lain