home

Tips & Trik Belajar


Anda mengalami masalah dalam belajar? atau anda mengalami masalah dalam materi belajar? 
Nah, disini kita akan mengatasi kesusahan dan kesulitan dalam metode belajar dengan cara mengapilkasikan metode belajar efektif. Ada beberapa metode yaitu :
1. Rencanakan saat kapan anda mau belajar. Jika anda ingin sukses dalam belajar, maka buatlah susunan jadwal dan waktu yang spesifik dalam sepekan.

2. Pastikan Tidak ada gangguan saat belajar. Carilah tempat yang aman dari gangguan belajar anda. Ketika anda terganggu dalam belajar, akan lebih sulit anda dalam berkonsentrasi dalam belajar dan mengakibatkan belajar anda tidak efektif.

3. Pilih Waktu Belajar Yang Tepat. Waktu yang paling pas buat belajar adalah saat tubuh kita masih segar dan otak kita juga masih segar. Biasanya waktu ini pada pagi hari, karena saat pagi konsentrasi benar – benar penuh. Gunakan waktu ini untuk mengulang kembali materi – materi yang baru.

4. Jangan Memaksa untuk belajar. Bagi pelajar yang rutin belajar, luangkanlah sedikit waktu setiap hari walaupun itu hanya sebentar untuk refreshing. Karena jika otak kita terus terforsir pelajaran, otak kita akan lelah menerima semua yang masuk, dan dapat menyebabkan kelelahan otak. Sebab itu janganlah anda terus memaksakan otak anda untuk belajar penuh. Biasanya itu terjadi saat kita akan menghadapi ujian.

5. Membaca. Membaca adalah salah satu kunci dalam belajar. Supaya kita bisa dan paham akan pelajaran, minimal bacalah materi satu atau dua kalidalam sehari, yakni sebelum dan sesudah apa yang diterangkan oleh guru.Karena dalam posisi ini otak kita bisa secara penuh merekam apa saja isi materi tersebut dan tersimpan dalam memory otak kita denagn cukup lama.

6. Mencatat pokok – pokok pelajaran. Hindarilah catatan pelajaran yang panjang. Ambilah intisari atau kesimpulan dari setiap pelajaran yang sudah dibaca berulang. Kata – kata kunci inilah yang nantinya dapat berguna stiap kali kita akan menghadapi ujian.

7. Kelomopok Belajar. Usahakan jika bosen sendirian belajar, anda bisa membentu sebuah kelompok belajar.
Tidak usah banyak – banyak cukup beberapa anak, karena jika banyak – banyak belajar kita akan tidak efektif. Buatlah pembagian materi untuk diPelajari masing – masing orang. Kemudian tiap orang secara bergilir menerangkan materi apa yang sudah dukuasainya ke seluruh anggota.
Metode ini bisa membikin kita semangat karena seru dan menghilangkan bosen kita.

8. Mulailah Belajar dengan pelajaran yang sulit. Tugas atau pelajaran yang sulit akan membutuhkan usaha, mental, dan energi yang paling besar. Sekali anda bisa menyelesaikan tugas yang berat ini, akan lebih mudah anda mengerjakan yang lainnya. Percaya atau tidak dengan metode ini akan membawa peningkatan yang besar bagi Ke efektifan belajar anda.

9. Review ( Ulang ) tugas, dan  materi setiap minggu terakhir. Karena dengan mengulang catatan setiap akhir minggu, maka satu sisi akan lebih menguasai pelajaran selama seminggu, dan akan mempersiapkan materi apa saja yang belum bisa dikuasai pada minggu berikutnya sehingga anda akan lebih siap menerima konsep-konsep baru dalam pelajaran pada minggu berikutnya.

10. Minum Air Putih. Air putih memiliki fungsi alami untuk membuat tubuh menjadi segar, apalagi setelah kita lama mempelajari sesuatu. Usahakan untuk menyedikan segelas air putih disaat anda belajar. Karena saat konsentrasi anda mulai buyar teguklah segelas air putih, karena dapat mengembalikan kosentrasi kita yang buyar. Di sisi lain, air putih juga membuat badan kita sehat dan segar.



arief-arsitek


Tautan media yang lain