home

Tips Bagaimana Mengolah Elemen Ruang dengan Sentuhan Alam


Elemen alam untuk ruangan kini semakin diminati. Unsur alam yang disajikan dalam desain rumah bisa memberikan kesan mempesona dan untuk pelembut ruang. Unsur alam tersebut seperti, air, batu alam, elemen tanaman, dan view lebar.

Penerapan unsur alam ke dalam desain interior ruangan bisa menjadi solusi untuk desain ruang sesuai keinginan kita yang bernuansakan alami. Tak dipungkiri kita sering tidak senang jika ruangan terasa terbatas, apalagi dengan pembatasan dinding dan kolom. Dengan begitu, elemen alam disini bisa dijadikan sebagai penanda dari setiap ruangan. Selain itu, anda juga bisamenambahkan kreasi tempelan kayu dan cermin yang menghasilkan titik cahaya sehingga membuat ruangan tampak lebih luas. Dengan pengolahan dan teknik yang tepat maka kesan alami dari desain anda akan namapk lebih “hidup”.

Maka dari itu pemilihan penggunaan aksesoris harus sangat teliti agar membuahkan kepuasan dalam menikmati ruang. Berikut ini ada beberapa tips yang bisa anda gunakan dalam mengaplikasikan nuansa alam dalam ruangan anda :

•Kenali komposisi ruang.
 Seimbanglah dalam menata aksesori. Ruangan yang besar bisa diisi oleh aksesoris yang relative besar, bisa juga dengan menempatkan lemari pajangan khusus untuk meletakkan ragam aksesori yang lebih kecil. Sama halnya dengan di ruang yang kecil, kita cukup mengimbangi luasan ruang dengan penataan aksesori yang relatif kecil.

•Berkreasi pada elemen pembentuk ruang
Kreasi elemen pada ruang menjadi sangat penting dalam poin kedua ini, lantai, dinding,atap,adalah objek yang asyik untuk diulik . contoh , permainan wallpaper di dinding , pengolahan terrarium dan kolam dengan penutup kaca di lantai, atau permainan , atau permainan pola dan material dalam plafond. Berkreasi dengan teksur bahan juga bisa meningkatkan kualitas ruang. Begitu pula pencahayaan buatan yang dapat menambah daya tarik ruangan.

•Masukkan unsur alam ke ruangan
Pada dasarnya , setiap orang senang untuk kembali ke alam, simbolisasi elemen alam meruapakan cara jitu menciptakan suasana tenang. Dan menjadi suatu point of interest dari desain interior ruangan.

Sumber : majalah IDEA : kreasi bahan alami rumah modern

Dinda A. Ramadhani
PT. Arief Arsitek
Greenwood Golf III / 40 Malang
0341-6102999 / 9795999
www.arief-arsitek.com
malang.corner@outlook.com
dindawalia@gmail.com 


arief-arsitek


Tautan media yang lain