home

Tips Cara Mendesain dengan Alam Melalui Green Wall


Perkembangan desain arsitektur saat ini tdak serta merta selalu memperlihatkan nilai estetikanya dari sisi penggunaan teknologi tinggi dan modern namun acapkali sering memerlukan sentuhan alam untuk menambah keindahan bangunan. Green wall atau yang biasa disebut tanaman merambat tidak hanya diumpamakan sebagai tanaman perintis yang hinggap di sudut-sudut taman akan tetapi bila dapat dirawat sebaik mungkin, green wall bisa menjadi elemen arsitektur yang memberikan sejuta manfaat. Adapun beberapa hal yang harus diperhatikan apabila ingin merawat tanaman merambat di eksterior rumah anda.

•Media pertumbuhan
Media pertumbuhan  green wall terbagi menjadi 2 yaitu tumbuh langsung dari tanah atau substrat. Untuk bangunan kecil seperti rumah tinggal disarankan untuk memilih  penanaman langsung dari tanah karena tinggi bangunan dapat dijangkau. Namun untuk saat ini juga dapat menggunakan media pot sebagai wadah tanah yang dapat disusun melalui suatu kerangka besi.

•Jenis Vegetasi
Pada hakikatnya jenis vegetasi dalam suatu pertumbuhan green wall dapat dibedakan menjadi tanaman hidroponik sebagai tanaman urban farm, contohnya: bayam merah, sawi, tomat dll atau  tanaman hias yang hanya sekedar sebagai vegetasi estetika untuk green wall contohnya: alamanda, bougenvill, mandevilia dll.

•Media perambatan
Media perambatan biasanya terbagi menjadi 2 yaitu sistem tanam langsung dan sistem tidak langsung. Sistem tanam langsung tidak membutuhkan struktur tambahan untuk media tanaman merambat sehingga langsung tumbuh di struktur dinding bangunan.
sistem tanam tidak langsung, yakni membutuhkan media rambat tanaman seperti penggunaan pot atau kerangka. Melalui sistem kerangka perambatan tanaman juga memperhatikan jarak antara dinding dan “dinding” tanaman merambat tersebut dengan material yang dapat terbentuk dari struktur rigid panel atau jaring kawat yang bisa menjadi dinding kedua bangunan yang mengimplementasikan tanaman dapat berdiri bebas.

•Orientasi bangunan/arah hadap bangunan
Pada umunya green wall juga memperhatikan orientasi bangunan yang dipengaruhi oleh lintasan matahari terhadap bangunan. Untuk radiasi matahari paling tinggi yaitu di sisi barat bangunan sebaiknya memanfaatkan green wall untuk mengatasi panas matahari dari sisi tersebut.


Nurul Amalia, ST.
PT. Arief Arsitek
Greenwood Golf III / 40 Malang
0341-6102999 / 9795999
www.arief-arsitek.com
malang.corner@outlook.com
nurulamalia006@gmail.com


arief-arsitek


Tautan media yang lain