home

Tips Manajemen Waktu Yang Baik


Manajemen waktu adalah suatu keterampilan yang memerlukan waktu untuk menguasainya sehingga mulailah bekerja dengannya. Mungkin tidak semua orang bisa membagi waktu atau biasa yang disebut dengan manajemen waktu. Setiap orang  harus terlebih dahulu memulai dengan belajar bagaimana secara efisien mengelola waktu. Manajemen waktu yang baik adalah tentang prioritas yang tepat. 

Apakah kalian selalu merasa kehabisan waktu dan anda tidak dapat melakukan apa yang dijadwalkan?
Berikut ini adalah cara yang mungkin bisa membantu kalian agar bisa manajemen waktu kalian : 
 
1.Membuat Jadwal
 
 
Cara pertama yaitu membuat jadwal kegiatan minggguan dan bulanan. Pastikan cara membuat jadwal lebih tepat. Agar waktu , kegiatan, acara, istirahat maupun waktu bersama keluarga tidak saling tabrakan. Jadi kalian tidak perlu membuang-buang waktu untuk melakukan pekerjaan yang kurang penting.

2.Mengatur prioritas kalian 
 
Cara mengatur prioritas dengan cara memlih tugas yang paling penting harus berada di peringkat lebih tinggi dalam daftar. Lalu prioritas selanjutnya adalah untuk segala kegiatan organisasi. Kurangilah prioritas pada kegiatan yang tidak terlalu penting, atau menghabiskan waktu.

3.Membagi panjang dalam kegiatan yang lebih kecil tugas yang lebih kecil.
 
Cara manajemen waktu berikutnya dengan cara dengan memecah tugas-tugas panjang yang biasanya kalian tidak ingin melakukannya atau terlalu sulit menjadi beberapa kegiatan yang lebih kecil dan lebih mudah dikelola. Contohnya , dapat meluangkan waktu 10 menit setiap hari untuk bekerja pada tugas yang tidak menyenangkan atau panjang. 

4.Tidak Menunda Pekerjaan
  
 
Menunda pekerjaan adalah kebiasaan yang buruk bagi manusia, terkadang mereka lebih meremehkan waktu luangnya, dan sebaiknya kebiasaan seperti ini perlu dihilangkan. Apalagi diatas sudah dijelaskan agar kita memiliki jadwal , jika kita menunda nya sudah pasti sangat berantakan. Salah satu cara nya adalah dengan menerapkan “deadline” dan kita harus “fokus” untuk lebih mengingat tugas dan mengerjakannya. 

5.Olahraga dan makan makanan yang sehat
 
Kita anda memiliki luang waktu jangan lupa juga kalian melakukan olahraga agar tubuh anda tetap segar dan bugar dalam beraktivitas. Selain olahraga kita dapat mengkonsumsi makanan yang sehat seperti sayur dan buah. 

6.Selalu merencanakan sesuatu pada kegiatan yang mendadak.
 
Mungkin setiap orang pernah melakukan kegiatan atau acara yang mendadak. Dan itu tidak selalu ada dalam jadwal kita, maka kita harus memiliki Plan B , yaitu kembali pada mana yang lebih faedah dan unfaedah. 
 

 

Netasya Okta Fernanda 
malangcorner 


arief-arsitek


Tautan media yang lain