home

Tips Membangkitkan Semangat Kerja


Kerja adalah  sesuatu yang dikeluarkan oleh seseorang sebagai profesi, sengaja dilakukan untuk memperoleh penghasilan. Kerja dapat juga di artikan sebagai pengeluaran energi untuk kegiatan yang dibutuhkan oleh seseorang untuk mencapai tujuan tertentu.  Dalam kerja kita membutuhkan motivasi tersendiri untuk mendongkrak semangat kita. Di bawah ini ada beberapa tips untuk meningkatkan semangat kita diantaranya adalah :

 

1.Mengetahui pekerjaan yang sekarang
Kerja adalah suatu anugrah. Kita semua patut untuk sadar bahwa pekerjaan yang kita miliki adalah suatu anugrah yang belum tentu bisa di gapai oleh orang lain. Bersyukurlah dan bergembiralah akan pekerjaan anda yang sekarang karena dengan perjalanan yang panjang dan perjuangan keras anda bisa memperoleh pekerjaan anda saat ini. Jadi tidak ada alasan lagi untuk kita tidak bergairah dan bersemangat dalam bekerja. 

2.Mengingat keberhasilan
Sebuah keberhasilan adalah salah satu pemicu untuk meningkatkan gairah semangat kerja seseorang yang telah kendur.  Karena semangat kerja yang kendur bisa bangkit lagi seketika saat Anda mengingat keberhasilan yang pernah Anda raih. Jadi ingat – ingatlah kembali keberhasilan yang pernah anda raih saat anda bekerja, karena itu sangat efektif untuk membangkitkan semangat kita lagi.

3.Luangkan waktu untuk istirahat
Hal ini adalah hal yang menyenangkan, sebagai contoh saat istirahat makan siang. Misalnya saja Anda bisa pergi makan siang dengan sahabat, mencoba untuk melihat-lihat situs belanja online untuk menyegarkan mata, atau bisa juga dengan hal lainnya yang bisa membuat pikiran lebih rileks. Itu semua adalah langkah untuk merefresh lagi otak dan tenaga kita walaupun sebentar tapi itu adalah hal yang paling penting untuk membangkitkan lagi semangat kita.

4.Pupuk dengan rasa cinta 
Bila Anda tidak mencintai pekerjaan, maka cintailah hal-hal yang berhubungan dengan pekerjaan Anda seperti gaji yang besar, lingkungan kerja yang menyenangkan, teman-teman yang baik, dan lain-lain. Hal tersebut akan jadi penyemangat Anda.

5.Meminta tanggung jawab yang lebih besar
Jika kehilangan semangat kerja karena pekerjaan yang monoton atau tidak lagi menantang, coba diskusikan dengan atasan kemungkinan mendapat tugas kerja yang lebih menantang atau mengajukan diri untuk terlibat dalam proyek baru.

6.Penataan ulang ruang kerja
Coba sedikit ubah tata letak benda-benda di meja, atur sandaran tempat duduk, jarak monitor, pencahayaan, suhu, warna, atau menambahkan tanaman. Suasana ruang kerja yang baru bisa membangkitkan semangat bekerja.

7.Mendengarkan musik
Musik dapat dipercaya untuk meningkatkan semangat, membuat rileks, bahagia, sampai menstimulasi pikiran. Tapi tidak semua jenis musik memberikan efek yang sama pada situasi tertentu. Dengarkan lagu yang sesuai selera Anda.

8.Istirahat maksimal
Manfaatkan waktu luang atau istirahat sebaik-baiknya. Dahulukan makan dan beribadah, setelah itu isi dengan kegiatan lain.  Seperti makan di tempat baru. Ambil jeda sejenak untuk beristirahat sebelum melanjutkan pekerjaan.

9.Berolahraga
Sekali-sekali tinggalkan meja, jalan keliling kantor, dan gunakan tangga. Biarkan otot dan tulang Anda bergerak. Cukup 10 menit, badan Anda segar kembali. Dengan begitu anda akan cukup rileks dan dapat bersemangat lagi.

10.Ambil Cuti
Lupakan pekerjaan, berlibur atau sekedar menikmati me time di rumah. Buanglah semua beban pikiran, rileks, dan nikmatilah waktu santai karena ini bisa memompa kembali semangat Anda begitu masuk kantor kembali.

 

Diatas adalah beberapa tips untuk meningkatkan gairah semangat kerja, dan masih banyak lagi tips untuk memaksimalkan dan meningkatkan gairah semangat kerja anda.


arief-arsitek


Tautan media yang lain