home

Tips Membangun Kerja Cerdas


Pasti anda sudah pernah mendengar tentang kerja cerdas. Ya, betul kerja cerdas adalah adalah sikap dalam bekerja yang pandai memperhitungkan risiko maupun melihat peluang dan dapat mencari solusi sehingga dapat mencapai keuntungan yang diharapkan. Kerja cerdas merupakan salah satu dari bekerja yang lebih baik dan lebih cepat yang akan mengarah kepada sebuah kesuksesan. Kerja cerdas berbeda dengan kerja keras yang harus meriset terlebih dahulu apa yang harus dilakukan. 
Dengan bekerja cerdas anda dapat lebih berproduktifitas lebih banyak dan bisa memenejemen waktu kerja anda sendiri. Di bawah ini ada beberapa tips dan saran buat anda untuk bisa bekerja cerdas, diantaranya :

1.Beristirahat ( Cofee Break )



Dengan anda beristirahat secara berkala selama bekerja, sebenarnya sudah meningkatkaan produktifitas anda setiap harinya. Baik anda seorang pekerja sebagai karyawan atau wirausaha cobalah untuk beristirahat sejenak dari aktivitas yang sedang anda lakukan. istirahat sederhana seperti duduk, menarik nafas atau jalan-jalan kecil. Semua itu berguna untuk mengembalikan konsentrasi dan fokus anda akan pekerjaan anda.

2.Jangan melakukan banyak pekerjaan sekaligus



Anda sebagai seorang pekerja di harapkan jangan sering melakukan semua pekerjaan sekaligus selesai dalam satu langkah. Karena hal itu bisa menyebabkan molornya waktu istirahat anda, dan selain itu bisa menyebabkan fokus anda terpencar dikarenakan anda melakukan beberapa pekerjaan sekaligus. Oleh karena itu sebisa mungkin hindari mungkin melakukan banyak pekerjaan sekaligus.

3.Catat Daftar Pekerjaan ( To Do Lists )



Pertama-tama anda harus membuat sebuah catatan kecil yang isinya adalah sesuatu yang sangat penting untuk pekerjaan anda setiap harinya, anda buatlah list pekerjaan anda yang akan anda lakukan besok dengan mengaturnya dari hal terpenting terlebih dahulu, kemudian anda ikuti dengan kegiatan yang mungkin kurang penting, hal ini akan membuat anda terorganisir dalam hal pekrjaan, tanpa perlu befikir lagi apa yang harus dikerjakan selanjutnya setelah anda menyelesaikan tugas anda, dengan metode mencatat poin ini anda bisa lebih menggunkan waktu lebih terorganisir.

4.Kenali Hal – Hal Yang Membuat Pemborosan Waktu Anda



Pemboros waktu biasa nya terjadi ketika anda membuka media sosial dan anda terlalu lama menggunakan aplikasi tersebut, hal ini akan menghambat anda dalam urusan pekerjaan, dan juga teman kerja anda yang sering mengajak anda bergosip dan ngobrol lama, ini jelas akan menghambat waktu kerja anda. Bukan anda tidak boleh menggunakan media sosial atau anda bergosip maupun ngobrol, boleh-boleh saja dan gunakan waktu luang seperti di 15 menit waktu istirahat anda sebelum memulai suatu pekerjaan anda lagi.

5.Atur Ruang Kerja Anda



Rajin mengatur tata ruang kerja, dapat memudahkan anda dalam menyelesaika suatu pekerjaan. Maka aturlah tata ruang meja kerja dan isi komputer anda agar lebih teratur dan nyaman. Pastikan juga ruang kerja anda teratur dengan sering-sering merapikan berkas, dan membersihkan ruang kerja dari berkas usang. Taruhlah berkas yang masih digunakan dalam filling cabinet atau file box. Pastikan semuanya bersih dan rapi pada sore hari sebelum anda pulang, sehingga di esok harinya anda akan bisa fokus dengan prioritas kerja anda, dan ada kala baiknya anda juga menggunakan ‘Label’ pada Gmail atau folder pada Outlook untuk mengatur email Anda dalam kompute kerja. Dan belajar menggunakan ‘shortcut’ daripada mengandalkan mouse,untuk mempercepat kinerja anda. Kerapian dan kebersihan ruang kerja membuat anda bisa lebih fokus menyelesakan pekerjaan anda setiap hari.

6.Ciptakan Sesuatu Yang Akan Membuatmu Merasa Bersemangat Saat Bekerja
Awal hari adalah waktu yang paling bisa dimanfaatkan untuk bekerja dengan produktivitas penuh, namun awal hari juga jadi waktu yang “mengerikan” jika tidak disikapi secara bijak. Ketika kamu tidak tahu apa yang harus dilakukan hari itu, kamu akan hilang arah dan hanya duduk diam tanpa menyelesaikan apapun.Maka sebab itu, penting untuk menciptakan rutinitas dimana kamu tahu kapan harus benar-benar fokus dan mulai bekerja. Rutinitas ini bisa melibatkan kegiatan-kegiatan menyenangkan di dalamnya. Seperti, menyeduh kopi sembari mendengarkan playlist kesukaan. Saat kopimu habis, berarti saat itulah kamu harus mulai membuka folder pekerjaan yang sudah menanti.



Atau anda bisa juga dengan meletakkan ponsel dan segala gadget-mu di tas dan senyapkan sebentar untuk waktumu kerja. Fokuskan perhatianmu pada layar komputer dan tugas-tugas yang menunggu untuk dijamahi. Menciptakan rutinitas dan menemukan pendorong untuk bekerja akan membuatmu tidak punya kesempatan bermalas-malasan tanpa mengasilkan apapun di hari itu.


arief-arsitek


Tautan media yang lain