home

Tips Membangun Rumah Urban


Istilah rumah urban kini tak asing lagi di telinga masyarakat kota, rumah urban sangat popular karena desainnya cenderung simple, praktis dan mudah. Fungsi sosial , budaya dan psikologis menjadi landasan dalam mendesain rumah urban. Membicarakan rumah urban tidak lepas dari kota sebagai wadahnya. Rumah-rumah di daerah perkotaan sarat akan potensi dan kendala. Potensinya antara lain tersediannya berbagai fasilitas yang mudah digunakan oleh masyarakat kota . tapi, ada juga kendalanya , yaitu lahan yang terbatas,dan peraturan daerah untuk membangun. Hal ini mrnjadi perhatian tersendiri untuk pemiliknya. Maka dari itu yang perlu diperhatikan adalah struktur dan konstruksi nya . 
Lahan yang sempit bila dilihat dari sisi yang lain metode Just in Time dirasa cocok untuk pembangunan rumah urban ini.
 
1.Pemilihan Material 
Membangun rumah urban harus pandai memilih material yang tepat digunakan. Dan jangan lupa mempertimbangkan factor biaya , mutu dan waktu , faktor – faktor tersebut harus mulai diperhatikan saat menentukan kebutuhan ruang,pemilihan material, metode konstruksi dan waktu pengerjaan.
 
2.Metode Konstruksi 
Teknik konstruksi menarik untuk diperhatikan karena berkaitan dengan keterbatasan lahan. Bebrapa faktor yang perlu diperhatikan berkaitan dengan metode konstruksi yang digunakan adalah merencanakan gudang material , tempat tinggal tukang , pengamanan lokasi , titik air untuk kerja , pohon atau bangunan yang tetap dipertahankan. 
 
3.Plumbing 
Keterbatasan lahan juga menyulitkan kita dalam merencanakan letak plumbing untuk rumah urban.ukuran pipa yang digunakan harus tepat, tidak terlalu besar dan juga tidak terlalu kecil. Untuk air hujan , floor drain juga perlu diperhitungkan. Jumlah yang terlalu sedikit dan diameter pipa yang kecil akan membuat air sulit di keluarkan dan tidak lancer mengalir. Untuk itu floor drain diberi pengaman di bagian atasnya , agar sampah yang kemungkinan menyumbat tidak dapat masuk ke dalam pipa.
 
sumber : majalah serial rumah : 20 desain rumah urban
 
Dinda A. Ramadhani 
PT. Arief Arsitek
Greenwood Golf III / 40 Malang
0341-6102999 / 9795999
www.arief-arsitek.com
malang.corner@outlook.com
dindawalia@gmail.com 


arief-arsitek


Tautan media yang lain