home

Tips membangun Teamwork yang suksess


Teamwork adalah bukan sekedar bagaimana kita bekerja dalam sebuah tim, melainkan bagaimana tim bisa bekerja sama dengan baik demi kepentingan bersama dan mencapai tujuan bersama. Karena teamwork yang efektif akan menghasilkan sebuah produktifitas,kualitas dan loyalitas. Agar dapat membangun sebuah tim yang bagus dan baik, diperlukan lebih dari sekedar mengumpulkan orang-orang yang tepat.Karena,  ujian penting  dari seorang leadership sebenarnya adalah menciptakan lingkungan di mana setiap individu mau bekerja secara kooperatif dan kolaboratif. 

Berikut ini ada beberpa tips yang mungkin akan membantu kita dalam membangun teamwork yang baik dan suksess :

1.Tujuan yang jelas


Pertama kali yang harus di lakukan adalah harus mempunyai tujuan yang jelas. Karena dengan adanya sebuah tujuan yang jelas bisa membuat tim saling bekerja sama dan saling membantu untuk terwujudnya sebuah tujuan.

2.Fokus


Fokus adalah termasuk dari bagian membangun sebuah teamwork yang baik, karena dengan kita saling berfokus satu dengan yang lain dalam sebuah tim, kita bisa saling mengenali dan menganalisa masing masing anggota dalam menangani sebuah masalah yang ada untuk mencapai satu tujuan bersama.

3.Bangun sebuah kepercayaan


Sebuah kepercayaan adalah poin inti dalam sebuah tim, Cara untuk membangun kepercayaan dalam sebuah tim adalah dengan membuat mereka berani berbicara untuk mengutarakan opini. Janganlah langsung untuk mematahkan pendapat seseorang, karena itu akan membuat mereka menahan diri untuk bicara. Ciptakan juga komunikasi timbal balik, sehingga anggota tim bisa saling memberi kritik tanpa terkesan menjatuhkan.

4.Buat sebuah kegiatan untuk mendekatkan anggota tim
sesekali lakukanlah kegiatan yang bisa mendekatkan semua anggota tim. Contohnya, makan siang atau makan malam bersama-sama tim secara rutin(terjadwal) , itu sudah menjadi contoh sederhana sebuah kegiatan yang bisa mendekatkan semua anggota tim. Dengan bertemu di luar lingkungan kerja, sesama anggota tim bisa saling mengenal secara personal.

5.Berikan dukungan dalam sebuah tim
Teamwork bisa berhasil dan suksess jika masing-masing anggota melakukan pekerjaan yang sesuai kompetensi mereka. Selalu komunikasikan mengenai tugas-tugas yang diberikan, ataupun kendala saat mengerjakan tugas, dan apakah mereka mampu mengerjakan atau tidak. Jika ada anggota tim yang belum memiliki keahlian tertentu, apakah mungkin dengan melalui training atau pelatihan bisa meningkatkan keahliannya maupun ketrampilannya.

6.Have Fun


Bangun semangat yang ada di dalam tim agar bisa selalu memberikan energi yang tinggi dan spirit persatuan. Sediakan waktu untuk tertawa bersama dan ciptakan suasana yang sesantai mungkin. Tidak ada tujuan yang dapat dicapai dengan mudah bila suasananya selalu tegang. Jadikan suasana semenarik mungkin tanpa adanya kejenuhan.

7.Beriakan sebuah penghargaan
Berikan penghargaan kepada anggota tim tapi tidak secara individual. Dalam setiap tim akan mempunyai individu yang menonjol pada bidang tertentu. Kenalilah hal ini dengan cepat melalui performance review process dan gunakan untuk mendukung kerja sama tim. Hindari semua tindakan yang bisa menimbulkan kecemburuan di antara anggota. Selalu bicara positif tentang anggota tim Anda secara keseluruhan. Promosikan talenta, usaha, dedikasi dan kesuksesan mereka.

Dan poin yang paling penting adalah selalu berikan motivasi untuk semua anggota tim. Contohnya berikan motivasi yang akan membuat semangat semua anggota tim.  “ Bila anda berbicara dalam tim gunakanlah kata – kata kita dan bukanlah saya.


arief-arsitek


Tautan media yang lain