home

Tips menciptakan taman dan merawat tanaman minimalis di depan rumah


Memiliki rumah idaman menjadi impian semua orang. Saat ini, bagi sebagian orang rumah idaman bukan hanya mencakup sebuah rumah yang besar, tapi juga rumah yang asri lengkap dengan sebuah taman kecil di halaman rumah. Degan demikian marilah kita menyediakan sebidang tanah untuk taman-taman minimalis di depan rumah.
Berikut tips menciptakan taman mungil di depan rumah;

 - Tanamlah pohon kerdil yang rindang
Keberadaan pohon perdu yang rindang sangatlah diperlukan karena memberikan kesan teduh pada rumah, sebaiknya tanamlah tanaman perdu berukuran kecil, seperti manga mini, rambutan mini dll.

 - Hindari menggunakan tanaman yang berpohon besar


Penggunaan tanaman yang berpohon besar mengakibatkan tanaman munggil menjadi penuh. Karena itu cermati dalam memilih pehon sesuai dengan ukuran taman mini anda .

 - Tanamlah rumput-rumputan 
Untuk menghindari kesan gersang maka tutuplah tanah menggunakan rumput. Sebaiknya pilihlah rumput gajah karena rumput ini memikiki kualitas baik si banding dengan yang lain.

 - Gunakan batu alam 


Kehadiran batu alam membuat kesan taman menjadi alami. Tatalah batu alam di sekitar taman mini Anda. Tujuan tersebut mencipkan keasrian dan kesegaran. 

 - Selain menciptakan taman-taman mungil anda tentunya harus pandai merawatnya. bagi anda yang memiliki taman kecil dirumah anda, sebenarnya hal itu tidak diperlukan. Karena, tanpa tukang kebun pun, anda juga pasti bisa kok merawat dan menata taman mungil anda sendiri. Demikian tips-tips nya;

1. Siram tanaman dengan benar
Jika tanaman yang ada di taman rumah anda ditanam dengan media pot, anda harus menyiramnya dengan benar. Caranya adalah Siramlah tanaman sampai air meluap dan keluar dari lubang bawah pot, hentikan segera ketika air sudah keluar karena apabila kelebihan air tanaman akan mudah membusuk.
 
2. Tambah kelembapan
Bagaimana caranya mengetahui bahwa tanaman anda kurang kelembapan? Caranya sangat mudah, anda bisa melihat tanaman anda, jika menemukan bintik-bintik coklat pada daun, maka dapat dipastikan tanaman anda butuh kelembapan. Jadi segeralah pindahkan ke tempat yang lebih lembap.

3. Pencahyaan


Tidak semua tanaman dapat hidup ditempat yang gelap. Beberapa diantaranya butuh pencahyaan yang cukup agar bisa berfotosintesis. Oleh karena itu, pastikan tanaman anda mendapatkan cahaya matahari yang sesuai.

4. Bersihkan tanaman
Caranya adalah dengan membersihkan daun demi daun dengan kain halus, cara ini digunakan untuk menghindarkan tanaman dari debu.

5. Periksa hama dan serangga
Jika anda menemukan tanda-tanda tanaman anda mulai diserang hama dan serangga, segera basmi dengan dengan pembasmi hama dan serangga.

6. Potong ranting
Memotong ranting kecil atau daun yang kering yang mengganggu tidak akan membuat tanaman manti. Sebaliknya, hal ini akan membuat tanaman tumbuh menjadi lebih baik.

7. Pupuk alami
Tambahkan kotoran dan kompos ke dalam tanah agar nutrisi yang dibutuhkan pada masa pertumbuhan bisa didapatkan dengan maksimal. 

8. Jangan biarkan tanaman anda tumbuh sendiri
Sama seperti manusia, tanaman juga tidak suka dan tidak bisa hidup sendiri. Jadi usahakan beli tanaman lain dan letakkan secara berdekatan.

 

   

Ina Wijayanti
malangcorner


arief-arsitek


Tautan media yang lain