home

Tips Mendesain Rangka Atap Baja Ringan Yang Aman


Rangka atap baja ringan kini semakin popular digunakan sebagai pengganti konstruksi rangka atap kayu.  Pasokan rangka baja ringan pun kini semakin banyak . sayingnya, tidak semua pemasok menawarkan rangka baja ringan yang jelas standar bahan baku dan system aplikasinya . sebagian sekedar menawarkan profil baja ringan yang kemudian hanya dirakit dengan baut (screw) menjadi rangka atap. Akibatnya , sering terdengar rangka atap baja ringan yang roboh setelah di pasang . karena itu kita harus semakin berhati-hati saat menggunakan rangka atap baja ringan. 
 
Berbeda dengan rangka atap dari kayu yang fleksibel, rangka baja ringan sangat rigid. Kalau rangka kayu setelah terpasang masih bisa ditambahi beban , tetapi kalau rangka baja ringan penambahan beban harus diikuti dengan perkuatan baru pula. Jika tidak , rangka akan ambruk atau minimal akan melengkung. Karena itu , aplikasi baja ringan memerlukan perhitungan yang akurat , mulai dari pemilihan bahan , bentuk profil , hingga ke pemasangan. 
 
1.Bahan 
kualitas bahannya harus memenuhi syarat. Baja ringan diproduksi melalui proses pendinginan (cold steel) dalam berbagai kelas (grade). Bentuknya gulungan (roll) tipis yang kemudian dibuat profil-profil dengan berbagai ketebalan. 
 
2.Software 
Pemasangan rangka baja ringan menggunakan baut. Tetapi , itu tidak berarti profil bisa dirangkai begitu saja , kita perlu merancang dulu bentuk rangka atap dan menghitung jenis dan jumlah profil yang digunakan. Perhitungan dengan cara manual akan memakan banyak waktu , oleh karena itu bantuan software dalam menghitung kebutuhan rangka atap akan sangat diperlukan sehingga kita bisa tahu untuk rangka atau jenis atap yang sesuai dengan rumah kita.
 
3.Bentuk profil
Bentuk profil rangka baja beraneka ragam sesuai dengan fungsinya.ini juga penting di cermati untuk memastikan profil yang dipakai sudah tepat.misalnya,  profil Z untuk chord atau batang utama , W untuk balok tembok atau murplat (top plate),dan C untuk web atau batang diagonal dengan ketebalan antara 0,8 – 1 mm , serta profil B dengan ketebalan 0,5 mm untuk pengaku (bracing/batten/reng)agar rangka kuat dari terpaan angin.
 
sumber : majalah housing estate
 
Dinda A. Ramadhani 
PT. Arief Arsitek
Greenwood Golf III / 40 Malang
0341-6102999 / 9795999
www.arief-arsitek.com
malang.corner@outlook.com
dindawalia@gmail.com 


arief-arsitek


Tautan media yang lain