home

Tips Menekuni Usaha Di Bidang Jasa


Mendirikan usaha tidaklah mudah sesuai apa yang kita pikirkan. Apalagi kalau harus memilih jenis usaha apa yng harus kita tekuni dan bangun nantinya. Sebenarnya yang paling penting dan mendasar dari mendirikan sebuah uasaha adalah yang pertama melihat potensi apa yang tertanam dalam diri kita dan kemampuan apa yang kita miliki, yang kedua adalah pengalaman. Pengalaman adalah hal yang paling penting peranannya dalam mendirikan sebuah usaha dan sejauh mana pengalaman yang sudah di dapt, maka sejauh itulah pemikiran untuk mendirikan sebuah usaha. Dan yang terutama yang paling dilihat adalah modal. Sebagian orang modal adalah tolak ukur kita untuk mendirikan sebuah usaha, tapi yang perlu di garis bawahi di sini adalah jangan terlalu terfokus pada modal yang dimiliki. Modal tidak haruslah berupa nilai rupiah tapi modal juga bisa berupa materi ataupun pengalaman, karena sudah terbukti diluar sana banyak para pengusaha suksess walaupun dulunya mempunyai modal yang minim. Pepatah pernah berkata “ Tiada Rotan Akarpun Jadi “. 

Banyak refersnsi usaha usaha yang menjajikan untung besar. Contoh saja usaha dalam bidang jasa. Usaha di bidang jasa merupakan jenis usaha yang menjual jasa  seperti hal ilmu dan tenaga sampai keahlian dalam bidang tertentu yang nantinya kita akan di bayar sesuai dengan keahlian kita. Usaha di bidang jasa banyak sekali pilihannya yang bisa kita tekuni. Di bawah ini ada beberapa contoh dan referensi untuk usaha di bidang jasa, antara lain :

1.Jasa Menjahit

Jasa menjahit adalah jasa yang paling banyak diminati oleh banyak orang. Persaingan bisnis jahitan memang cukup ketat terutama persaingan dengan produk pakaian. Untuk bisa bersaing dalam bidang jasa ini maka dibutuhkannya inovasi inovasi untuk menciptakan berbagai macam jahitan yang akan menarik perhatian pelanggan nantinya. Dengan  melihat itu semua maka dengan  Jasa Menjahit bisa memberikan keuntungan yang sangat menjanjikan.

2.Jasa Internet

Di era modern ini dimana semua sudah berbau teknologi dan internet . Di era inilah kesempatan kita untuk membuka usaha di bidang internet . Banyak pilihan jasa yang dapat Anda lakukan dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi internet, misalnya jual beli like di Facebook, jual beli followers di Twitter, atau membuka jasa desain web baik itu berbentuk company profile maupun toko online. Jasa periklanan seperti di Google AdWords pun adalah salah satu contoh jasa dengan memanfaatkan dunia internet dengan nilai keuntungan yang tidak perlu dipertanyakan lagi.

3.Jasa Potong rambut

Bidang usaha jasa yang satu ini pasti sudah anda temui di mana-mana. Jika anda masih ragu dengan jasa ini, maka anda bisa coba hitung sendiri dari pendapatan yang di dapat perhari minggu saja atau bisa perbulannya. Apabila kita memberikan tarif sebesar Rp.5,000,00 per orang maka berapa keuntungan yang kita dapatkan perhari jika ada 15-20 orang. Apalagi anda bisa membuka salon sendiri untuk potong rambut dan mematok harga yang sesuai dengan salon anda. Contoh saja anda memasang tarif Rp.10,000,00 untuk pria dan Rp.20,000,00 untuk wanita, coba anda hitung berapa pendapatan yang bisa anda dapat perharinya jika ada 20 orang baik itu pria, wanita, pria dan wanita. Banyak keuntungan yang menjanjikan yang bisa anda dapatkan.

4.Jasa Service Teknologi

Jasa service teknologi di jaman sekarang memang banyak sekali di cari, mulai service computer,  handphone, kulkas maupun barang-barang elektronik lainnya.  Jangan masalah dengan di mana lokasi anda berada, yang penting bagaimana anda bisa mengiklankan jasa anda. Karena konsumen yang akan mencari anda nantinya.

5.Jasa service kendaraan

Sama seperti service teknologi, service kendaraan juga menjanjikan keuntungan yang besar. Service kendaraan bisa berupa service Mobil, sepeda motor, dan lain sebagainya. Dengan dilihat di jaman sekarang sudah banyaknya yang mempunyai kendaraan. Bagi anda yang mempunyai keahlian di bidang otomotif tidak ada salahnya untuk membuka usaha di bidang jasa ini. Bagi anda yang masih awam tidak perlu kawatir, karena anda bisa belajar atau kursus. 

Diatas adalah beberapa contoh kecil usaha di bidang jasa, masih banyak jasa-jasa yang bisa anda menjadikan sebagai referensi anda di luar sana seperti : jasa mengajar les/privat, jasa pengetikan, jasa cuci motor/mobil, jasa cetak sablon pakaian dan masih banyak lagi. Intinya jangan mudah menyerah dan terus kembangkan kemampuan anda untuk bisa menekuni usaha anda yang sudah anda pilih


arief-arsitek


Tautan media yang lain