home

Tips Mengatasi Cat Dinding Mengelupas


Cara Mengatasi Cat Dinding Mengelupas, Apakah cat dinding anda mengelupas? Hal itu bisa terjadi pada cat dinding yang sudah lama ataupun yang baru saja diaplikasikan. Kasus mengelupasnya cat tembok atau di sebut flaking, sudah barang tentu merupakan hal yang sering terjadi pada semua hunian. Ujung-ujungnya, kita seringkali menyalahkan kualitas cat yang kita beli. Padahal, semua cat apakah itu cat berkualitas atau tidak, flaking terus menghantui masalah pada cat rumah kita.

Pengelupasan cat bisa terjadi karena kondisi dinding yang lembab, sebabnya karena adanya rembesan air hujan dari talang air yang konstruksinya kurang baik, atau bisa juga dikarena proses pengerjaan dinding yang tidak baik.

Cara menghindari dan mengatasi cat tembok rumah mengelupas :

Warna cat tembok yang mengelupas tapi kondisi tembok masih bagus, besar kemungkinan adalah disebabkan proses pengecatan yang kurang tepat:

  • Pastikan yang masih tembok baru harus sudah benar-benar kering sebelum dicat. Ini juga akan menghemat anggaran cat untuk kamar anda.
  • Gunakan dempul tembok yang bagus / juga plamir tembok, agar tidak mudah retak. Ini akan menghindari dempul / plamir dinding tersebut terangkat dan menjadi penyebab cat kamar mengelupas.
  • Hindari menggunakan alkali primer atau cat dasar, karena pengunaan alkali primer sering kali tak sesuai dengan finishing cat rumah.
  • Sebelum melakukan pengecatan, pastikan sudah membersihkan permukaan dari debu, kotoron dan minyak agar daya rekat warna cat tetap terjaga.
  • Penyebab cat mudah mengelupas sering kali karena saat proses mengecat ulang, yakni tidak mengelupas cat tembok lama. Lapisan cat lama yang tidak di bersihkan terlebih dahulu akan mengurangi daya lekat dan juga tampilan menjadi kurang menarik, tidak terlihat fress. Terlebih bila cat dinding yang lama sudah mengapur, rasanya hanya akan sia-sia saja Anda merenovasi cat dinding rumah Anda, karena bisa di bilang hanya sekedar menganti warna dalam hitungan hari, dan warna cat tembok pun bisa di pastikan akan kusam.


Setelah mengetahui penyebab dan cara mengatasinya, selanjutnya Anda bisa melakukan solusi yang tepat sesuai keadaan tembok:

  • Memperbaiki sumber penyebab cat tembok yang mengelupas.
  • Membersihkan lapisan cat tembok lama dengan cara di kerok hingga terlihat permukaan, selanjutnya bersihkan sebelum melapisi dengan cat dasar atau alkali primer. Dan tunggu sampai cat dasar mengering dengan sempurna.
  • Gunakan merk cat tembok berkualitas dan pilih warna tembok yang paling bagus. Merk cat tembok yang bagus akan memiliki daya rekat dan elastisitasnya terbaik, dengan begitu daya tahan cat bisa lebih lama. Plih juga jenis cat tembok yang mengandung acrylic terutama untuk cat eksterior rumah.
  • Harga cat tembok berkualitas rendah memang menggiurkan, tetapi perlu Anda ketahui perbedaan jika menggunaan cat tembok rumah berkualitas bagus. Selain memiliki daya rekat yang lebih baik, juga akan lebih hemat dalam penggunaan cat, karena daya sebarnya akan lebih luas dan terpenting adalah warna cat yang tidak mudah pudar.

Semoga artikel ini bisa menambah wawasan untuk mengetahui dan mengatasi penyebab untuk menemukan solusi cat dinding yang mengelupas yang paling tepat


arief-arsitek


Tautan media yang lain