home

Tips Menghadapi Persaingan di Dunia Kerja



Dunia kerja sekarang ini sudah sangat sering terjadinya sebuah persaingan yang sangat berat. Hal tersebut terjadi dikarenakan setiap pekerja yang ingin meraih kesuksesan dalam tempat kerjanya.  Semakin anda berusaha untuk lebih menonjol maka akan semakin banyak orang yang berusaha untuk menjatuhkan anda di belakang dan di depan. Persaingan di kantor maupun di dunia kerja itu sudah hal yang wajar di setiap usaha dan perusahaan. Akan tetapi, dari itu semua bisa mengakibatkan stress dan penurunan produktifitas karyawan. Dari masalah ini dapat disimpulkan dengan beberapa tips untuk menangani persaingan di tempat kerja atau di dalam kantor,diantaranya sbb :

1.Slalu Berfikir Positif


Hal pertama yang perlu anda ketahuai adalah berfikir secara positif tentang persaingan anda. Karena jika anda berfikir negative tentang persaingan yang sedang anda hadapi, anda akan slalau memperoleh hal hal yang negative juga. Misalkan anda merasa bahawa diri anda kurang mampu dengan yang lain atau tidak percaya diri, Mengeluh ,ataupun menyalahkan orang lain pada akhirnya. Jadi slalu berfikirlah positif di setiap persaingan anda yang anda alami untuk mencapai posisi yang anda inginkan.

2.Fokus

Dengan melihat persaingan seperti apa yang anda sedang jalani di tempat kerja anda maka dibutuhkanlah juga fokus untuk menghadapinya. Fokus yang dimaksud adalah fokus pada pekerjaan Anda. Memang tidak ada salahnya untuk sedikit memikirkan persaingan yang sedang anda dengan rekan kerja hadapi, akan tetapi ingat yang menjadi hal utama adalah pekerjaan bukanlah konflik anda di tempat kerja. Anda tidak harus berusaha untuk membalas rekan kerja yang menyebar isu-isu tidak benar atau yang lain tentang diri anda jawablah tudingan dengan hasil kerja yang lebih maksimal. Jika membalasnya anda hanya memamerkan betapa buruknya kualitas yang anda miliki sebagai pekerja.

3.Wasapada yang Lebih
Selain anda harus focus anda juga harus slalu mewaspadai diri anda. Jika Anda mengetahui bahwa ada orang yang ingin menjatuhkan, hal ini akan membuat anda menjadi lebih waspada sehingga timbul dorongan untuk terus memaksimalkan potensi yang dimiliki. 

4.Meningkatkan Ketrampilan


Tips selanjutnya adalah denga Fokuslah pada apa yang menjadi keunggulan anda dan potensi anda. Lupakan dulu keterampilan atau keunggulan orang lain. Karena hal ini bisa mendorong anda untuk mencurahkan energy dan upaya menghilangkan sisi lemah anda. Ada beberapa hal yang anda lakukan untuk meningkatkan ketrampilan anda :
a.Mengidentifikasi ketrampilan terkait dengan pekerjaan yang belum dan kurang anda pahami dan kuasai
b.Kontak atasan langsung dan meminta untuk di beri pelatihan. Tapi berikanlah penjelasan yang jelas tentang alasan anda mengapa meminta pelatihan.
c.Ikutilah berbagai pelatihan yang sesuai dengan kemampuan anda sesuai ijin atasan.

5.Membina Hubungan Baik Dengan Atasan


Dalam perusahaan yang mengedepankan prestasi, peran atasan sangat penting dalam mengembangkan karier bawahannya. Untuk itu, jalinlah hubungan dan komunikasi yang baik dengan atasan agar anda memiliki hubungan profesional dan reputasi baik di mata atasan. Ini diharapkan dapat membantu Anda dalam persaingan kerja.

Diatas adalah beberapa hal tips untuk anda sebagai karyawan untuk menghadapi persaingan di dunia kerja dan tempat kerja.


arief-arsitek


Tautan media yang lain