home

Tips Renovasi Cepat dengan Dinding Instan


Kita semua telah memasuki era serba instan , mulai dari makanan, minuman hingga kebutuhan hidup. Dalam bidang konstruksi pun , tidak ketinggalan , ada langkah praktis dalam pembuatan dinding. Dinding bata bukan lagi pilihan tunggal. Kini ada dinding praktis.

Maka , anda tidak perlu pusing sat hendak merenovasi rumah , misalkan anda ingin mengganti dinding yang baru untuk ruangan dalam rumah anda , gunakan saja dinding praktis dengan penutup dan papan semen gypsum. Slah satu keunggulannya adalah daya tahannya yang tinggi terhadap air dan kelembapan.

Dinding praktis adalah dinding yang tidak menahan beban struktural. Perbedaan antara dinding bata dan dinding praktis terletak pada ikatan sloof dan ring balok. Jika dinding bata diikat dengan sloof dibawah dan ring balok diatas , maka  dinding praktis yang bersifat partisi tidak memerlukan ikatan sloof dan ring balok. Sebagai pengikat , digunakan rangka.

1.Mudah dipindahkan
Salah satu kelebihan dinding praktis adalah mudah dipindahkan (moveable). Ia idak bersifat permanen sehingga mudah dipasang , diubah , bahkan dimodifikasi. Gmpang pula di ganti jika sewaktu-waktu anda
melakukan renovasi.

Dinding praktis dipasang dengan system rangka dan ditutup dengan penutup tertentu. Bahan-bahan untuk rangka antara lain adalah metal furing, baja ringan , besi hollow atau kayu. Sedangkan bahan penutupnya antara lain gypsum, triplek , GRC Board , dan panel aluminium komposit. Teknik pemasangan juga beragam., tergantung pada bahan rangka dan bahan penutup yang akan anda gunakan.

2.Bertumpu pada Rangka
Pilihan penutup dinding lainnya adalah GRC (Glass-Fibre Reinforced Cement) Board. Bahan dasarnya campuran semen yang diperkuat fiberglass. Sama seperti gypsum, GRC Board juga berbentuk papan dengan ukuran panjang dan lebar standar 1,22mx2,44m . ketebalannya pun juga bervariasi mulai 4mm sampai dengan 12mm. Papan yang digunakan untuk dinding praktis biasanya yang berketebalan 5mm dan 6mm warnanya putih keabu-abuan dengan motif polos .finishing dapat menggunakan cat ,wallpaper atau keramik yang dipasang dengan bantuan semen instan.
Untuk aplikasi dinding praktis GRC board dipasang dengan ikatan sistem rangka . jenis rangka yang biasa digunakan antara lain besi hollow , metal furing , dan kayu kaso. Untuk rangka metal pemasangan menggunakan sekrup , sedangkan rangka kayu kaso pemasngan menggunakan kayu.

Sumber : majalah IDEA  Renovasi(struktur dan material partisi ringan )

Dinda A. Ramadhani
PT. Arief Arsitek
Greenwood Golf III / 40 Malang
0341-6102999 / 9795999
www.arief-arsitek.com
malang.corner@outlook.com
dindawalia@gmail.com


arief-arsitek


Tautan media yang lain