home

Tips untuk membangun motivasi dalam diri


Semua orang pasti mempunyai cita – cita berbeda-beda. Dan semuanya pasti pengen cita – cita itu bisa tercapai, maka dari itulah untuk mewujudkannya kita membutuhkan salah satunya yaitu motivasi dalam diri sendiri. Membangun motivasi dalam diri memang tidak semudah yang kita bayangkan. Tapi setelah kita bisa membangun sendiri motivasi itu, kita akan mendapatkan besarnya manfaat yang akan kita peroleh nantinya. 


Berikut ada beberapa tips untuk membantu membangun motivasi dalam diri, yaitu :

1.Pikirkan saat kematian datang
Anda perlu memikirkan saat kematian  anda sendiri mulai datang. Karena dengan begitu anda akan mengingat kembali ingatan / flashback anda di belakang dan anda mulai tersadar akan banyaknya hal yang belum anda lakukan. Dari situlah anda akan bisa memotivasi diri anda sendiri nantinya.

2.Ciptakan Sensasi
Ciptakan sesuatu yang dapat memacu dan membangkitkan gairah anda saat mengejar apa yang anda inginkan. Misalnya, anda mengaharapkan besok anda akan mendapatkan uang 1 miliyar. Walau kedengarannya mustahil itu semuanya, tetapi sensasi ini kadang bisa memacu semangat anda untuk berkarya dan berusaha lebih baik lagi melebihi apa yang sudah anda lakukan kemarin.

3.Tinggalkan Teman yang tidak perlu
Jangan ragu untuk meninggalkan teman anda yang tidak dapat mendorong anda untuk mencapai tujuan. seandainya dia memang teman anda pastinya dia akan membawa anda bahkan mendukung anda untuk mencapai tujuan anda. Dan anda akan merasa termotivasi dengan sendirinya.

4.Kembangkan Tujuan Anda
jangan terpaku pada satu tujuan yang sederhana saja tapi kembangkan dan pacu terus tujuan hidup anda. Jika anda terpaku hanya pada satu tujuan saja maka anda tidak akan pernah memiliki kekuatan yang lebih, padahal anda membutuhkan tantangan yang lebih besar untuk mengerahkan dan mengeluarkan kemampuan anda yang sebenarnya. Jadi kembangkan dan pacu terus tujuan anda dan bangkitkan motivasi dan kekuatan tersendiri yang ada dalam diri anda.

5.Hampiri rasa ketakutan
Saat kita sedang  dalam bayang-bayang dengan kecemasan dan ketakutan yang melanda, jangan melarikan diri dari bayangan tersebut. Namun datangi dan nikmati rasa takut kita dengan mencoba mengatasinya. Saat kita berhasil mengatasi rasa takut, saat itu kita telah berhasil meningkatkan keyakinan diri bahwa kita mampu mencapai hidup yang lebih baik.

 

6.Ucapkan “Selamat Datang” untuk semua masalah anda
jalan mencapai cita - cita itu tidak selamnya terus mulus seperti yang anda inginkan. Ada saatnya sendiri saat anda menghadapi jalan terjal atau bahkan jalan buntu janganlah anda untuk memutuskan memutar arah untuk mengambil jalan pintas. Tapi hadapilah jalan itu dan coba pikirkan cara yang terbaik untuk melewati masalah itu. Jika anda memandang masalah sebagai sesuatu yang mengerikan maka anda akan semakin sulit termotivasi. Jika anda sudah siap menghadapi masalah maka anda akan memiliki energi dan semangat yang berlebih untuk mencapai tujuan anda.

7.Mulailah dengan perasaan senang
Jangan pernah anda untuk merasa terbebani dengan tujuan hidup anda sendiri. Coba nikmati hidup dan jalan yang sudah anda tempuh. Jika sejak awal anda sudah merasa ‘tidak suka’ rasanya motivasi hidup tidak akan pernah kita miliki. Akan tetapi jika anda merasakan akan kesenangan dalam hidup anda, anda akan merasakan motivasi dalam diri anda.

8.Berlatih dan berusaha dengan keras
Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa anda harus terus berlatih dan belajar terus untuk mendapatkan hasil terbaik dan maksimal.Tidak ada yang tidak dapat anda dapatkan jika anda terus berusaha keras dan giat berlatih, karena dengan latihan maka anda akan semakin mudah mengatasi setiap kesulitan yang akan datang.

 

 

Maksud dan kesimpulan dari semua ini adalah Kita hidup didunia ini harus memiliki semangat dan motivasi diri untuk menghadapi hidup dan mencapai tujuan anda. Jangan pernah menyesal akan jalan kehidupan yang sudah anda ambil.


arief-arsitek


Tautan media yang lain