home

Tips Untuk Membangun Usaha Di Bidang Furniture ( Mebel )


Usaha/Bisnis Furniture atau sering dikenal dengan mebel adalah salah satu peluang usaha yang membutuhkan modal yang tidak sedikit tetapi usaha ini memiliki peluang sukses yang sangat luar biasa. Semua itu di karenakan seiring dengan semakin berkembangnya zaman dan seiring bergantinya waktu furniture (Mabel) banyak memiliki inovasi dan kreasi-kreasi desain yang beraneka ragam dan luar biasa yang bisa melengkapi suasana didalam rumah anda. Tapi untuk memulai bisnis ini diharuskan untuk membuat perencanaan yang matang, start up bisnis , marketing Plan, marketing tools dan sebagainya yang diperlukan. 
Dibawah ini ada beberapa tips utuk anda yang ingin memulai bisnis / usaha Furniture ( Mabel ), diantaranya :

1.Modal Usaha

Untuk beberapa yang masih baru untuk mengawali usaha/bisnis dalam bidang Furniture ini mungkin akan sedikit merasa kesulitan, terlebih karena tidak ada pengalaman sama sekali dalam bidang Furniture. Berbeda jika seseorang yang memang sedikit-banyak sudah memiliki pengalaman dalam bidang Furniture ini. namun, tidak ada kata terlambat dalam mencoba segala sesuatunya. Maka yang perlu anda lakukan untuk mendapatkan modal yaitu jika anda belum mempunyai dana maka cobalah anda untuk menjadi reseller atau sales furniture, dengan begitu anda akan memperoleh modal dana yang akan sedikit membantu anda. Tapi dari itu semua yang anda dapatkan selain dana adalah sebuah Pengalaman di bidang Furniture dan Networking.

2.Lokasi Usaha

Lokasi tempat anda mengawali bisnis/usaha. Dengan menentukan secara tepat dalam pemilihan lokasi, maka anda dapat mengawali usaha secara baik. Jadi, untuk memilih lokasi yang pas adalah pada tempat yang banyak dilewati orang berlalu lalang, begitu pula jika anda memilih untuk membuka usaha mebel di daerah perkotaan. Ini akan sangat membantu anda dalam menjaring calon konsumen. 

3.Target Pasar

Anda juga harus menentukan target pasar untuk usaha anda dengan tepat. Karena ini bisa membantu anda dalam memberikan skema atau konsep usaha yang dapat membantu anda untuk menentukan pemilihan barang dagangan yang tepat untuk lebih besar menjangkau pasar yang luas.

4.Tenaga kerja

Berbisnis di bidang furniture pasti memerlukan tenaga kerja. Anda tidak mungkin menghandlenya sendiri. Memberikan instruksi yang jelas untuk karyawan namun tidak mengekang kreativitas adalah hal wajib bagi anda.

5.Bahan Baku

Jangan lupa untuk memperhatikan bahan baku yang akan anda gunakan dan yang sesuai dengan target pasar yang sudah anda tentukan. Karena dari bahan baku pilihan dan berkualitas juga akan menguatkan kepercayaan para konsumen.

6.Harga

Anda juga harus dapat memikirkan mengenai harga barang dagangan yang sesuai dan lebih terjangkau dengan target pasar anda. Dengan menentukan harga yang mampu bersaing di pasar, maka anda pun juga akan dapat peluang usaha yang lebih besar lagi.Namun,anda juga harus tetap memikirkan mengenai kualitas yang juga mampu bersaing di pasar. Karena dalam usaha dan alur bisnis, maka akan sangat diperlukan persaingan positif yang mampu membantu anda dalam mellancarkan usaha mebel anda.

7.Media

Selain hal – hal diatas yang harus anda siapkan lagi adalah media, yang berfungsi sebagai alat pemberitahuan atau strategi promosi anda. Di dalam media ini anda bisa melakukan banyak hal diantaranya ada media online maupun ofline. Untuk online anda bisa memanfaatkan website sebagai media marketing dan brosur untuk media oflinenya.

8.Inovasi dan Kreasi

Dengan adanya inovasi dan kreasi yang baru, anda bisa membuat peluang usaha mebel yang anda miliki dapat lebih bersaing menggunakan ide kreatif yang mampu menarik konsumen melalui cara lebih halus. Karena pada saat ini orang lebih banyak mencari kreasi dan inovasi yang baru.

9.Kerjasama

Dengan semakin banyaknya para pengusaha baru dengan konsep pengembangan perumahan yang semakin meluas, maka inilah celah memukau bagi para pengusaha mebel yang ingin mengembangkan usahanya. Melalui kerjasama itulah, anda dapat lebih mampu menarik hati calon konsumen.


arief-arsitek


Tautan media yang lain