home

Tips untuk mendesain kamar tidur anak perempuan


Memiliki seorang anak adalah kebanggan tersendiri bagi kita sebagai orang tua, terkadang kita orang tua selalu ingin memberikan yang terbaik untuk si buah hati, baik dari segi fasilitas maupun kamar mereka, nah untuk orang tua yang mempunyai seorang anak perempuan. Dengan kamar yang nyaman tentunya akan memberi kenyamanan tersendiri yang akan membuat anak lebih betah. Salah satunya  cara adalah dengan mendekorasi atau mendesain sesuai dengan kepribadian seorang anak. Disini  perbedaan yang mendasar dari sebuah dekorasi kamar untuk perempuan dengan anak laki laki ialah terdapat pada pemilihan warna maupun wallpaper dinding serta pemilihan furniture yang terkesan lebih kepada hal yang berbau feminim. Di bawah ini ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk mendesain kamar tidur anak perempuan, yaitu :

1.Warna


Warna adalah hal yang paling penting untuk medesain sebuah ruangan, apalagi mendesain kamar tidur kusus perempuan. Untuk anak perempuan, pemilihan warna yang cerah seperti merah mudah, hijau muda atau pun biru muda. Anda juga bisa mempadukan dengan berbagai macam warna. Libatkan anak anda dalam pemilihan warna.Karena dengan melibatkan anak dalam pemilihan warna akan menghasilkan warna yang cocok dengan kenyamanan si anak sendiri. Selain cat, anda juga bisa bermain dengan cutting sticker atau wallpaper bergambar karakter kegemaran anak.

2.Furniture


Selain itu juga yang perlu diperhatikan adalah furniture, karena furniture juga sangat berpengaruh dalam kenyamanan ruangan. Pilihlah furniture dengan warna-warna yang cerah dan netral. Apabila anda membeli furniture yang sudah jadi, misalnya lemari, pilihlah yang mudah dijangkau anak. Selain itu, jangan membeli furniture yang punya ujung runcing agar tidak melukai anak anda.Dan juga perhatikanlah penempatan furniture lainnya.

3.Aksesoris


Penambahan aksesoris juga bisa mempermanis kamar tidur anak kususnya anak perempuan sendiri. misalnya: bantal dengan motif hati, aneka boneka, atau gordyn dengan warna yang senada dengan dinding.

4.Pencahayaan


Selain itu penting juga untuk memperhatikan pencahayaannya. Apabila di kamar anak terdapat meja belajar, pastikan pencahayaan cukup untuk menerangi. Pencahayaan kurang akan merusak mata. Anda biasa siasati dengan menggunakan lampu meja ataupun lampu belajar untuk membantu anak dalam belajarnya.

5.Sirkulasi Udara


Jangan lupa masalah sirkulasi udara di kamar, karena Kamar yang pengap dan lembab adalah media terbaik bagi virus dan bakteri. desainlah kamar agar memiliki sirkulasi udara yang baik. Apabila tidak memungkinkan untuk dipasang jendela, penggunaan kipas berventilasi pada dinding juga sangat membantu.Dengan begitu anak bisa nyaman dan merasa betah saat di dalam kamar.

6.Maksimalkan Ruang Kosong


Tentukan cara-cara untuk menyisakan ruang bebas sebanyak mungkin untuk anak. Ruang yang ekstra bisa memberi opsi dekorasi ekstra pula karena ruang yang kosong lebih mudah diatur dan direncanakan daripada ruang yang sudah terisi oleh barang-barang. Ketika anak sedang tumbuh, furnitur mereka akan menjadi semakin kecil. Antisipasi ukuran furnitur yang akan berguna dalam beberapa tahun berikutnya dan perhitungkan ruang tambahan yang anda perlukan nantinya.

7.Penentuan Tema Yang Pas


Mulailah dengan mencari ide tentang seperti apa ruangan yang akan didesain nantinya. Anda juga bisa memulainya dengan mencorat-coret kertas kosong atau menggunakan program khusus di dalam komputer untuk membuatnya. Mencari referensi pada majalah, koran, atau internet bisa mendukung pencarian ide. Setelah tema sudah anda tentukan, jangan lupa menyesuaikan dengan anggaran yang anda miliki, memenuhi untuk itu semua apa tidak. Pastikan juga apa yang anda rencanakan itu sesuai dengan budget anda. Tema-tema bisa sangat khusus, sederhana dan umum. Jangan hanya terpaku berpikir standar motif-motif saja. Ada baiknya anda juga memahami bakat dan minat anak. Masukan dari seluruh anggota keluarga juga perlu diminta karena selain menambah keakraban ide-ide tak terduga biasanya juga sering muncul. Tujuannya adalah mendapatkan keseimbangan antara tema yang akan dinikmati oleh anak perempuan dan tema yang bisa diwujudkan oleh orang tua berdasarkan uang yang dianggarkan.

Semua itu kita lakukan untuk si buah hati kita, jadi buatlah bagaimana si buah merasakan kenyamanan saat tidur dan betah. Karena anak adalah harapan kita para orang tua, tidak ada salahnya kita memberikan fasilitas yang baik pula dengan dana yang kita miliki pastinya.


arief-arsitek


Tautan media yang lain