home

Tips untuk mengatasi lupa di usia muda


Memiliki ingatan yang kuat, memang dambaan semua orang apa lagi yang di usia muda. Bayangkan saja kita jika kita sering lupa, segala urusan bisa menjadi berantakan hanya gara-gara sering lupa ingatan. Memiliki daya ingat yang tajam sangat diperlukan bagi kita, apalagi di usia yang produktif. Tapi seringkali banyak orang yang mengalami kepikunan di usia muda karena gaya hidup yang tak sehat. Penyakit lupa atau bisanya disebut pikun ini tidak kenal usia, tidak hanya menyerang kaum tua saja, yang muda muda pun juga bisa kena penyakit ini… Ngak mau kan masih muda di bilang pikun??
Berikut adalah beberapa penyebab yang dapat membuat sesorang sering lupa dan menjadi pikun di usia dini :

1.Stress dan Depresi


Stress dan depresi merupakan penyebab lupa yang dialami banyak orang. Ketika merasa stress, otak akan mengalami kesulitan untuk berkonsentrasi dan menyimpan informasi. Stress biasanya timbul karena adanya masalah pekerjaan, keluarga dan tekanan batin.

2.Kurang Tidur


Pekerjaan atau tawaran hiburan terkadang membuat kita lupa waktu dan lupa istirahat, termasuk lupa tidur. Sepertiga waktu manusia digunakan untuk beristirahat. Artinya, sekitar delapan jam dalam sehari. Saat tidur itulah tubuh beristirahat dan melakukan normalisasi, termasuk otak. Tetapi, tak hanya jatah tidur saja yang diperhatikan, kualitas tidur pun harus sangat dijaga. Tidur yang berkualitas adalah tidur yang tanpa dengkuran. Dengkuran dapat memicu penyakit lain, seperti jantung atau stroke. Selain itu, mendengkur, dapat menyebabkan pikun.

3.Malas Berpikir


Saat menghadapi masalah, terkadang seseorang akan malas memikirkan solusinya untuk mengatasi masalah tersebut. Jika seperti ini, otak akan mengalami penurunan kemampuan dalam berpikir dan menjadi penghambat dalam merespon masalah. 

4.Narkoba


Rokok dan racun-racun lain, seperti narkoba, menyebabkan penyakit-penyakit kronis untuk tubuh seperti kanker atau stroke dan memicu penuaan dini salah satu ciri penuaan dini yang terjadi adalah menurunnya daya ingat.

Dari empat  penyebab pikun di atas, mana yang anda alami??
Mungkin kita merasa masih terlalu muda untuk mencemaskan penyakit pikun. Tapi, kita harus tetap mengambil langkah pencegahan pikun sejak dini. Ada beberapa cara jitu biar kita bisa mengatasi penyakit lupa ini, tapi yang jelas tidak “instan” alias langsung sembuh tapi hal ini bisa melatih otak kita agar lebih tajam. Cara tersebut antara lain :

1.Mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan


Antioksidan berfungsi untuk melindungi sel-sel tubuh termasuk sel otak. Konsumsilah makanan yang mengandung antioksidan seperti kismis, bluberry, blackberry, bawang putih, bayam, dan raspberry.

2.Latih otak dengan permainan


Permainan klasik dan gratis seperti sudoku, catur, dan teka-teki silang dapat membantu melatih otak. Ketika ada waktu luang dan sedang tidak bekerja cobalah lakukan permainan asah otak.

3.Olahraga


Olahraga rutin dan Istirahat yang cukup, dengan tujuan untuk memberi energi serta oksigen yang cukup pada otak disaat olahraga dan saat kita tidur maka otak diberi kesempatan untuk berelaksasi.

4.Tidur yang cukup


Seperti yang telah diuraikan di atas, kurang tidur dapat mengganggu kinerja otak. Maka cukupilah kebutuhan istirahat dan tidur agar otak dapat bekerja dengan normal dan dapat berpikir lebih tajam.
 
5.Jangan berhenti belajar


Carilah hal baru yang anda minati, mulailah terlibat di dalamnya dan pelajarilah informasi mengenai hal tersebut. Jika memungkinkan, bergabunglah dengan kelompok atau grup yang memiliki minat sama dan berdiskusi dengan teman-teman yang berada di kelompok tersebut. Anda juga dapat mencari sumber informasi untuk dipelajari melalui buku, media televise, dan tidak ketinggalan jaman sampai sekarang yaitu “internet”. 

Semoga langkah-langkah tersebut dapat bermanfaat dan membantu kamu dalam mengatasi ke”pikun”an sejak dini. Seperti yang kita ketahui bahwa usia muda adalah usia produktif sehingga apabila penyakit pikun ini menyerang di usia muda maka akan dapat menghambat aktifitas dan prestasi kamu.


arief-arsitek


Tautan media yang lain