home

Tips untuk mengusir semut yang mengganggu anda dengan ampuh dan efektif


Tips Mengusir Semut Yang Ampuh dan Efektif
Cara mengusir semut yang alami, ampuh, dan efektif. Permasalahan yang sering mengganggu kenyamanan sebuah rumah selain masalah tikus dan permasalahan kecoa  ternyata semut juga kadang menjadi salah satu masalah. Semut jika hanya satu atau dua saja sih masih tidak masalah. Namun ketika jumlah mereka semakin banyak maka akan mulai mengganggu kenyamanan kita.
Apalagi jika mereka mulai melakukan menyerang makanan dan gula. Maka akan mengganggu dan membuat kita semakin jengkel. Biasanya jenis semut hitam menyerang yang manis-manis seperti gula, minuman manis yang terbuka tutupnya, dan makanan manis lainnya. Sedangkan jenis semut merah suka menyerang makanan berupa lauk, ikan, dan makanan lainnya. 

Maka ketika permasalahan tersebut menyerang biasanya seseorang akan mulai berfikir bagaimana cara mengusir semut-semut tersebut??. Kemudian terbesit untuk membeli obat anti semut yang sudah banyak dijual di pasaran. Biasanya obat tersebut cenderung berhasil mengatasi semut. Namun akan menjadi masalah jika kita memiliki anak kecil yang suka memegang-megang sembarangan.
Jika sudah demikian pilihan selanjutnya jatuh pada cara alami mengusir semut. Cara tersebut tentunya tidak menggunakan bahan berbahaya melainkan bahan-bahan alami yang sangat tidak disukai oleh semut. Berikut bahan-bahan alami yang bisa kita gunakan, mari kita simak…!!!

1.Boraks


Boraks merupakan zat kimia pengawet yang bisa digunakan untuk membasmi semut.
Campur boraks dengan gula dan air. Selanjutnya, semprotkan larutan tersebut di tempat dimana semut terlihat. Selain memakannya di tempat, semut juga akan membawa larutan ini ke sarang mereka sehingga membunuh lebih banyak semut. 
Jangan disalah gunakan yaa kawan-kawan, cuman untuk membasmi semut… 

2.Parfum


Celupkan bola kapas dalam parfum yang kuat. Letakkan bola kapas di daerah yang ingin terbebas dari semut. Semut tidak bisa mentolerir bau parfum dan akan menjauh. 
Cara lain, semprotkan parfum langsung ke sarang atau kerumunan semut untuk mengusirnya.

3.Bubuk Cabe/Kayu Manis


Tebarkan bubuk cabe pada sarang semut untuk mengusir mereka. Cara lain, gunakan kayu manis untuk mengusir semut.

4.Gemuk


Gemuk (grease) bertindak sebagai pengusir semut. Oleskan gemuk di tempat yang ingin terbebas dari kerumunan semut.

5.Bedak Bayi


Taburi bedak bayi di mana pun anda melihat semut. Semut membenci bau bedak dan akan menyingkir menjauh.

6.Cuka


Metode lain yang efektif menyingkirkan semut adalah dengan menyemprotkan cuka pada tempat yang sering dilalui semut. Bau yang kuat dari cuka akan membuat semut menghindarinya.
Selain cuka, cuka apel dan minyak peppermint juga bisa digunakan dengan cara yang sama.

7.Mint


Kantong teh mint bekas dinilai efektif untuk mengusir semut. Letakkan kantong teh mint di mana banyak terdapat semut.
Daun mint juga dapat dikeringkan dan dihancurkan menjadi bubuk untuk kemudian ditaburkan di tempat yang banyak semut.

8.Jus Lemon


Cara lain yang sangat mudah untuk menyingkirkan semut adalah dengan mencampur jus lemon dengan sedikit air dan disemprotkan di daerah yang banyak semut.

9.Tepung Jagung


Tepung jagung atau tepung maizena bisa juga untuk mengusir semut. Caranya, cari sarang semut kemudian taburkan tepung jagung di sarang semut tersebut. Tidak lama kemudian semut akan segera meninggalkan sarangnya. 

10.Mentimun


Pasti dirumah anda mempunyai sayuran yang satu ini. Salah satu fakta aneh tentang semut adalah ternyata mereka tidak menyukai rasa mentimun!!!
Oleh karena itu, menempatkan potongan mentimun di daerah yang banyak dilalui semut merupakan cara efektif untuk mengusir mereka.

11.Kulit Telur Ayam


Karena tidak bisa dimakan, maka biasanya kulit telur ayam akan langsung dibuang. Namun mulai sekarang jangan buru-buru dibuang, apalagi kalau di rumah banyak semut. Sangrailah kulit telur ayam hingga berwarna kehitaman. Kemudian tumbuk kulit telur tersebut sampai halus. Selanjutnya, taburkan di tempat dimana semut-semut tersebut bersarang.

12.Sabun


Tips yang terakhir ini adalah “sabun”. Pasti dirumah kalian memiliki benda yang satu ini. Sabun berfungsi memecah lapisan lilin rangka luar semut sehingga mengakibatkan dehidrasi.Oleskan sabun pada jalan masuk semut atau semprotkan larutan sabun pada tempat yang terdapat banyak semut.

Itulah 12 tips cara mengusir semut. Jika dirumah kalian ada semut yang menjengkelkan cobalah 12 tips alami diatas. Selamat mencoba yaa kawan ^^ semoga berhasil…


arief-arsitek


Tautan media yang lain