home

Tips Untuk Menjadi Pengusaha Properti dengan Kemampuan Basic Sebagai Drafter


Seorang pengusaha yang baik harus memiliki pengalaman ataupun skill yang mencukupi. Pengalaman kerja bisa di dapatkan darimana saja, mulai dari menawarkan jasa, usaha freelance, atau darimana saja. Menjadi pengusaha properti bisa dilakukan oleh siapapun seperti drafter dan arsitek. Untuk seorang drafter, usaha dimulai dari kebutuhan atau permintaan saja, kita mendesain bangunan yang diinginkan arsitek ataupun owner. Drafter tidak terlalu banyak meng-handle masalah proyek. Drafter biasanya akan mengerjakan tugas yang diminta saja.

Modal sangat dibutuhkan untuk memulai usaha properti. Yang pertama adalah niat untuk mendirikan CV atau mendaftar ke CV. Yang berikutnya yaitu menetapkan posisi, yaitu menjadi apa saat di dalam CV, atau mempersiapkan diri menjadi orang yang diminta. Yang berikutnya yaitu, jika kita mulai mendirikan CV dari awal yaitu modal finansial dan juga advertisemt.

Adapun yang perlu diperhatikan saat melakukan usaha property yaitu, yang pertama ialah memperhatikan setiap permintaan owner. Setiap permintaan dari owner harus di perhatikan. Hal ini berguna untuk membangun sebuah kepercayaan pada owner dan juga membangun kepribadian CV yang baik dan terpercaya. Selanjutnya yaitu menjalin relasi ke berbagai perusahaan atau jasa yang lain dimana hubungan ini bisa mempermudah pengusaha untuk menjalankan proyek. Selain itu dapat mendapatkan kemudahan dalam mengakses sesuatu dan menekan biaya-biaya tertentu jika sudah berlangganan. Setelah adanya pendekatan dari link-link tertentu maka selanjutnya memperhatikan izin dari usaha. Pengurusan izin juga dapat meningkatkan kepercayaan para owner meningkatkan kredibilitas dari CV. Dan yang terakhir yaitu memperhatikan keselamatan para pekerja. Kecelakaan bisa terjadi saat pelaksanaan pembangunan. Pada posisi tertentu seperti drafter atau rendering bisa membekali diri dengan peralatan grafis yang baik. Seperti kemampuan dari komputer yang memiliki spesifikasi yang cukup tinggi dan penguasaan aplikasi. Drafter atau rendering bisa dilakukan oleh seorang arsitek atau sipil. Pada posisi pengawas, kita harus tanggap  terhadap semua kejadian yang terjadi saat pelaksanaan. 

Realita di lapangan menjelaskan bahwa usaha properti memiliki keuntungan yang sangat menjanjikan , namun kenyataannya keuntungan tersebut diperoleh dengan permainan antara kontraktor dengan cv. Mereka biasanya memanipulasi struktur bangunan menggunakan permainan ukuran profil material ataupun kualitas material. Cara ini bisa meraup untung yang cukup banyak. Namun cara ini tidaklah etis, kita tetap bisa meraup keuuntungan dengan total biaya pengerjaan yang normal. Selain itu kita juga bisa membangun kepercayaan dan kredibilitas CV dan bisa menjadi salah satu rujukan untuk para calon owner atau klien. Selain itu membangun kualitas juga bisa dijadikan standar penetapan harga dan penambahan harga dari sebuah proyek. Keuntungan juga bisa didapat dari situasi harga material saat membangun proyek.

oleh : Sheila Aisha
Malangcorner


arief-arsitek


Tautan media yang lain