home

Tips untuk menjadi seorang drafter


Dengan dibuatnya artikel ini mudah-mudahan bisa membantu kawan-kawan yang ingin dan tertarik untuk terjun dalam dunia kontraktor dan ingin menjadi seorang drafter, terutama untuk sobat yang lulusanya SMK Bangunan (Teknik Gambar Bangunan). 
Untuk yang ingin menjadi seorang drafter, inilah beberapa Tips Bagi Drafter Pemula :

1.Koordinasi dan Negoisasi
Sebagai Drafter, kita akan bertemu dengan banyak orang dengan beragam pola pikirnya yang mungkin membuat kita tergeleng-geleng. Sama seperti pekerjaan pada umumnya, seorang Drafter harus dapat menerangkan apa yang menjadi dasar pemikirannya, mengenai system, jalur instalasi, bertanggung jawa atas apa yang ia gambar, dan lain sebagainya. Jika kita mengalami kesusahan usahakan, banyak bertanya atau belajardari senior kita, banyak bertanya dan yang pasti latihan apapun saran positif dari mereka.

2.Banyak Referensi


Jika kita berpatok atas pekerjaan kita tanpa kita bertanya akan mengalami kesulitan. Maka dari pada itu dengan banyak bertanya, mencari buku-buku yang menunjang. Sebagai info bahwa mempunyai banyak sekali bukupun juga akan sia-sia jika kita tidak membaca & mempelajarinya.

3.Tekun dan Pantang Menyerah


Salah sekali, dua kali, tiga kali akan menjadi agenda kita jika kita masih pemula sebagai Drafter, apalagi kita hanya lulusan SMA/SMK. Namun jangan putUs asa, belajar terus, banyak bertanya kepada Drafter senior kita, jangan bosan ataupun malu untuk beberapa kalinya kepada atasan kita, kita punya niat tulus untuk belajar maka insya Allah mereka akan membantu kita.

4.Stamina Fit
Seorang Drafter mempunyai 2 macam kantor, yaitu : kantor kerja dan kantor lapangan. Kantor kerja dimana kita mengerjakan proses menggambar dimana kita hanya duduk dan bersandar dan mencurahkan pikiran & mata focus pada layar monitor, kedua yakni kantor lapangan, disaat kita mengalami kesulitan atau kerancuan mengenai ukuran atau posisi penggambaran, kita mau tidak mau harus terjun ke lapangan, disanalah kita akan menuju kantor kedua kita. Jangan kira mudah, kita butuh stamina yang fit, adakalnya kita perlu menuju tempat yang jauh atau tinggi.

5.Kebersamaan 


Disini kita tidak bekerja sendir, namun kita bekerja dengan tim, baik Proyek Manager, Site Manager, Drafter Senior, Para Supervisor, Para Foreman, administrasi, dan lain-lain. Kita harus mampu membangun suasana yang nyaman agar kita dapat bekerja dengan focus sehingga kita dapat menyelesaikan pekerjaan kita dengan baik. Cara agar membuat kantor kita terasa nyaman yaitu dengan jalinan kebersamaan yang terjalin sesame rekan.

6.Keuntungan yang Memuaskan


Terutama bagi kawan-kawan yang telah atau ingin terjun sebagai Drafter kontraktor namun dengan pendidikan hanya sebatas lulusan SMA/SMK,  jangan langsung kecil hati. Sangat banyak sekali keuntungan yang dapat keuntungan kita ambil.

Kesimpulannya adalah seorang Drafter bukanlah sebuah hal yang mudah, karena Drafter adalah salah satu posisi penting dalam dunia kontraktor, Drafter mempunya jenjang karir yang tinggi, seperti Drafter junior, senior bahkan jika kita mampu kita dapat menjadi seorang Engineering atau Site manager atau bahkan lebih.

Sekian informasi yang dapat saya sampaikan ke sobat semua, semoga artikel kami bisa memberikan sedikit tips, untuk anda yang menginginkan sebagai seorang Drafter


arief-arsitek


Tautan media yang lain