home

Tips untuk menyegarkan mata yang sering di depan komputer


Terlampau lama bekerja di depan computer atau kecanduan berjam-jam di depan monitor yaitu rutinitas yang kurang baik. Tetapi terkadang tuntutan pekerjaan atau kondisi yang mewajibkan kita tidak bisa terlepas dari perangkat canggih ini. 
Terlalu banyak menggunakan computer dapat membuat mata anda mengalami kelelahan yang akhirnya dapat membuat mata mengalami beberapa gangguan seperti mata merah, berkedut hingga penglihatan yang mulai kabur. Hal tersebut jika terus dibiarkan tanpa ada tindakan dan perhatian lebih lanjut, bisa saja mengancam kesehatan mata anda, anda tentu tidak ingin jika mata anda mengalami kerusakan. 
Untuk itu, berikut kami sajikan beberapa cara mengatasinya :

1.Mengedipkan mata terus menerus selama dua menit


Mengedipkan mata dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah ke mata. Cobalah lebih sering berkedip mulai sekarang.

2.Lihat dari sisi ke sisi tanpa menggerakkan kepala
Tahan kepala dan perlahan-lahan dan lihat lah sekeliling anda dari sisi  kanan, lalu lalu sisi kiri, ulangi 10 kali.

3.Tutup mata dan gerakkan bola mata ke atas dank e bawah
Tanpa menggerakkan kepala, perlahan-lahan gerakkan  bola mata anda ke atas dan kemudian ke bawah, ulangi 10 kali.

4.Putar mata tanpa menggerakkan kepala
Perlahan-lahan putar mata searah jarum jam dan kemudian berlawanan arah jarum jam, 10 kali di setiap arah.

5.Tekan bagian alis 
Tempatkan jari anda di bagian alis. Hal ini bertujuan untuk melancarkan sirkulasi cairan intraocular, ulangi 5 kali.

6.Remas mata tertutup selama beberapa menit dan kemudian rilaks
Gerakkan ini akan melemaskan otot mata dan meningkatkan sirkulasi darah ke mata. Lakukan ini 5 - 7 kali. 

7.Putar kepala sambil menatap lurus ke depan
Pusatkan pandangan ke depan dan putar kepala searah jarum jam dan kemudian berlawanan arah jarum jam, 10 kali di setiap arah.

8.Fokus pada sesuatu yang dekat dan sesuatu yang jauh


Lihatlah sesuatu yang dekat dengan anda selama beberapa detik dan kemudian alihkan pandangan ke objek jauh selama beberapa detik, ulangi 5 kali.

9.Tutup mata selama beberapa menit dan bersantailah


Hal ini membantu menghilangkan ketegangan pada otot mata anda.

10.Tidur tepat waktu


Patuhi ketentuan yang satu ini apabila anda setiap hari lebih dari 8 jam di depan computer. Kecanduan atau overtime di depan komputer apabila tidak diimbangi dengan tidur yang cukup maka akan sangat beresiko anda terserang insomnia.Kalau sudah demikian tentu tidak boleh diremehkan lagi, karena tubuh memang wajib diistirahatkan yang cukup setiap harinya.
Tidur dengan tepat waktu sangat efektif untuk membatasi diri pemakaian computer yang berlebihan. Badan jadi mempunyai kesempatan untuk lakukan detoks serta pergantian sel yang rusak. Bila Anda sayang pada mata, badan serta jiwa anda, cukupkan tidur anda mulai sekarang. Besok anda bisa kerjakan lagi kerjaan anda di depan computer.

11.Makanan sehat


Yang yang satu ini juga mutlak tak boleh anda lewatkan. Tidak sedikit orang yang ngemil camilan tak sehat waktu mereka bekerja di depan computer. Nah, untuk menebus hal semacam ini, makanlah makanan yang sehat seperti juice sayuran hijau serta makanan-makan dari sayur atau buah yang berwarna merah.

Sekurang-kurangnya, minumlah 2 gelas sari buah serta sayur tiap-tiap hari. Makanan yang alami bakal bikin sel badan lebih terpelihara serta tidak alami penuaan dini. Buah-buahan yang memiliki kandungan anti oksidan serta rasanya enak seperti melon, strawberry, apel, semangka sangat bagus untuk selalu kita santap. Kalau misalnya tidak ada juice atau buah-buahan, sebaiknya minumlah air putih, karena air putih sangat bagus untuk kesehatan tubuh kita. 
Itulah 11 tips cara menyegarkan mata yang sering bekerja di depan computer, silakan anda coba ya.


arief-arsitek


Tautan media yang lain