home

Ungkap Sejarah Arsitektur Hotel “Splendid Inn” Kota Malang


Splendid inn  merupakan salah satu sarana akomodasi di Kota Malang yang berada di kawasan tugu Malang khususnya di Jalan Majapahit No 4. Dibalik wajah arsitekturnya yang tetap eksis hingga kini, Splendid inn menyimpan sejarah panjang tentang arsitektur di Kota Malang. Kawasan  tugu Malang merupakan bentuk penataan pusat kota oleh pemerintahan Belanda yang  terdapat banyak bangunan tempo dulu, diantaranya: gedung balai kota,  sekolah (SMA Tugu), aula pertemuan, hingga rumah tinggal para pejabat Belanda. Seperti bangunan Splendid inn sekarang yang dahulunya merupakan dua  massa rumah tinggal milik warga Belanda yang bergaya kolonial yang khas.
 
Pada tahun 1973 rumah tersebut dibangun kembali menjadi penginapan umum yang mempertahankan keaslian arsitekturnya, dengan nama” Splendid inn”. Splendid ialah  nama dari bahasa Belanda yang dahulu pernah dipakai sebagai nama  hotel pada jaman penjajahan Belanda yang sekarang menjadi wisma tumapel yang berada tepat di persimpangan jalan tumapel depan gerbang Splendid inn, sedangkan inn dalam bahasa inggris  berarti penginapan.
 
Pada masa awal berdiri Splendid inn memilki total kamar 8 buah, 2 kamar pada bangunan inti, 3 kamar pada massa rumah 1 (sayap kanan banguan inti) dan 3 kamar pada massa 2 (sayap kiri bangunan inti).  Perkembangan terus dilakukan untuk menambah jumlah kamar hotel di bagian belakang dibangun sebuah massa berbentuk  letter L dan kolam renang. Hingga kini jumlah kamar pada Splendid inn berjumlah 27 kamar, terbagi menjadi 3 tingkatan, yakni semi suite berjumlah 6 kamar, standart A 12 kamar, standart B 9 kamar. Pada tahun 1998 Splendid inn diresmikan sebagai hotel bintang satu oleh Departemen pariwisata, seni, dan budaya. Sebagai pengembangan  dilakukan penambahan kamar dan fasilitas penunjang bagi pengunjung Splendid inn. Kedua massa rumah tersebut  seolah ‘disatukan’  menjadi bangunan baru yang  yang kini menjadi bangunan inti  dengan fungsi sebagai  lobby , resepsionis (area penerima tamu sekaligus tempat reservasi penginapan) rumah makan, mini bar, dan  area bilyard, serta lantai 2 yang berfungsi kamar tamu. dan kini massa penghubung ini dijadikan sebagai massa utama (inti)  penginapan Splendid inn.  
 
Kini Hotel tersebut tetap berpegang teguh untuk tidak merubah tampilan hotel, sejak mulai dikelolanya hotel ini tidak pernah direnovasi, pembenahan hanya pada perubahan warna bangunan, tidak heran jika bangunan ini sangat terasa  atmosfir kolonial dan bangunan tahun 70-an  yang masih kental.  Hotel Splendid inn tampak mempesona eksistensinya hingga era modern kali ini. hotel Splendid inn menjadi pilihan wisata arsitektur di Kota Malang yang menyajikan pesona berbeda dan suasana nostalgia  di tengah maraknya hotel- hotel masa kini yang saling berlomba untuk mempercantik tampilannya.
 
 
Nurul Amalia, ST.
PT. Arief Arsitek
Greenwood Golf III / 40 Malang
0341-6102999 / 9795999
www.arief-arsitek.com
malang.corner@outlook.com
nurulamalia006@gmail.com


arief-arsitek


Tautan media yang lain