home

UPKK UB Tanamkan Mindset Kewirausahaan Mahasiswa UB


Perubahan nama JPC (Job Placement Center) menjadi UPKK (Unit Pengembangan Karir dan Kewirausahaan) Universitas Brawijaya Malang, membawa dampak yang cukup mendasar. JPC yang semula memiliki dua bidang yaitu pengembangan karir dan tracer study, saat ini terdapat bidang baru yaitu kewirausahaan. Hal ini seperti yang dijelaskan oleh Ketua UPKK-UB Dr. Drs. Edy Yulianto, MP disela-sela pembukaan Job Fair VIII UB di Samantha Krida, Kamis (12/3).

Dengan bertambahnya bidang kewirausahaan pada UPKK, tugas dari UPKK menjadi semakin luas. Tidak hanya mengadakan Job Fair dilanjutkan recruitment dan tracer study tetapi juga memberi bekal kepada mahasiswa mengenai hal-hal yang berkaitan dengan kewirausahaan melalui pelatihan.

Edy menyampaikan, selama ini terkesan orientasi dari mahasiswa atau alumni ketika lulus itu ingin menjadi pegawai negeri, bekerja di BUMN ataupun di perusahaan swasta. Menurutnya ini hanya menyerap sebagian kecil dari alumni. Oleh karena itu seiring dengan kebijakan baru, maka tugas dari UPKK adalah mengubah mindset mahasiswa ataupun alumni untuk lebih mandiri menjadi entrepreneur sehingga mampu menciptakan lapangan kerja sendiri sehingga tidak lagi hanya berpikir menjadi pegawai negeri, bekerja pada BUMN ataupun perusahaan swasta.
 
UPKK akan menjalin kerja sama dengan fakultas-fakultas untuk menggodok kewirausahaan, khususnya yang berkaitan dengan mata kuliah kewirausahaan. Diharapkan mahasiswa akan memiliki kemampuan lebih, terutama pengetahuan tentang kewirausahaan dengan melaksanakan kegiatan praktek yang sangat diperlukan mahasiswa.

Selain itu, UPKK juga berkewajiban melakukan tracer study untuk mengetahui masa tunggu bagi mahasiswa pencari kerja. "Kami berharap dan menghimbau kepada alumni yang nantinya mendapat pekerjaan untuk menginformasikan kepada UPKK agar UPKK dapat menyusun data secara valid sehingga laporan yang tersusun menjadi benar," pungkasnya. [ronny/Humas UB]
 
Sumber: www.ub.ac.id 


arief-arsitek


Tautan media yang lain