home

Wijaya Pakan Burung Berkualitas


Berawal dari hobi memelihara burung untuk lomba, maka terinspirasi mebuat pakan burung yang berkualitas dan sedikit racikan istimewa didalamnya guna untuk mendapatkan suara yang baik dan bagus, karena pakan merupakan hal yang utama bagi burung.Pakan burung Wijaya dikembangkan dengan resep tradional yang telah dipakai bertahun tahun untuk burung lomba.

Hal yang pertama perlu diperhatikan adalah kecocokan antara pakan dengan jenis burung yang di rawat. Hal yang kedua yaitu perlu diperhatikan dalam masalah pakan adalah bahwa pakan tersebut memenuhi “kriteria”. Pakan yang sehat harus mengandung unsur-unsur karbohidrat, lemak, protein, vitamin, dan mineral. Jika semua unsur terpenuhi dan jumlahnya mencukupi maka kesehatan burung peliharaan itu dapat tetap terjaga. Selanjutnya dampak yang diharapkan yaitu burung mempunyai kicau yang merdu, bulu yang indah, dan perilaku yang lincah.

Pakan burung Wijaya tersedia antara lain untuk burung Cendet, Love Bird, Kenari, Perkutut, Kenari Belgie, dan lain sebagainya termasuk untuk hamster. Berawal dari industri rumah tangga, saat ini sudah dipasarkan ke beberapa kota.

Untuk pemesanan dalam partai besar maupun eceran dapat menghubungi Wiena di 082232960070 atau di salah satu toko penjual pakan burungnya yang ada di Jl. Sawojajar Raya Malang.
 
Berikut Unsur-unsur penting dalam pakan burung antara lain : 

1. Protein
Protein merupakan zat pembangun tubuh; dapat menggantikan jaringan tubuh yang aus atau rusak; Kekurangan protein menyebabkan burung menjadi kurus, bulu rusak, kerdil, kanibalisme, murung, enggan berkicau, serta sering kali berperilaku mencabuti bulunya sendiri. Burung berkicau membutuhkan 35% protein dari berat badannya. Protein ini dapat diperoleh antara lain dari ikan, susu, cacing, kacang tanah, kacang panjang, kacang hijau, kacang kedelai.

2. Karbohidrat
Karbohidrat merupakan unsur di dalam pakan yang berfungsi sebagai sumber energi, pembakar lemak, memperkecil oksidasi protein menjadi energi, dan memelihara fungsi normal alat-alat pencernaan. Kadar karbohidrat dalam tubuh burung adalah 2%, sementara pakan burung yang baik adalah yang mengandung 70% karbohidrat, yaitu terdapat pada pepaya, kacang tanah, kacang hijau, kacang kedelai, dan pisang.

3. Lemak
Lemak merupakan sumber energi, saluran air metabolik, insulator (pengatur suhu tubuh), sebagai bantalan atau pelindung bagian tubuh, serta sebagai pembawa vitamin A, D, E, dan K. Apabila burung terlalu banyak mengonsumsi lemak maka burung ini berpeluang untuk mencret atau gemuk. Padahal burung yang gemuk cendcrung malas berkicau dan berbiak.

4. Vitamin dan asam amino
Vitamin-vitamin utama dan asam amino yang dibutuhkan burung antara lain adalah A, D3, E, B1, B2, B3 (Nicotimanide) B6, B12, C dan K3; Zat esensial seperti D-L Methionine, I-Lisin HCl, Folic Acid (sesungguhnya adalah salah satu bentuk dari Vitamin B) dan Ca-D Pantothenate.

5. Mineral
Jika burung kecukupan mineral, maka burung akan memiliki bulu kuat, mulus, berkilau sehabis molting atau ngurak alias mabung; tidak terkena rachitis (tulang-tulang lembek, bengkok dan abnormal); bebas paralysa (lumpuh); bebas perosis (tumit bengkak); anak burung menetas sehat; burung tidak mengalami urat keting (tendo); tidak terlepas sendinya, tidak tercerai (luxatio); paruh tidak meleset, tidak kekurangan darah sehingga pucat dan lemah; burung di penangkaran bisa segera bertelur, telur berisi, produktivitas tinggi, daya tetas tinggi serta kematian embrio rendah. 


arief-arsitek


Tautan media yang lain