home

Wisata Coban Parang Tejo


Air Terjun Coban Parang Tejo ini lokasinya berada di dusun Princi, Desa Gadingkulon, kecamatan Dau Kabupaten Malang. Untuk menuju kesini, kalian harus menemph jarak sekitar kurang lebih 20 KM dari pusat Kota Malang. Agak jauh memang, tapi nggak rugi kalau kalian main kesini.

Dengan ketinggian seratusan meter, Air Terjun Coban Parang Tejo ini memang menarik. Disini air meluncur dengan lembut dari atas, sehingga air terjun ini nggak terkesan garang. Terlebih lagi lokasinya yang berada di lereng Gunung Butak membuat suasana liburan ke air terjun ini makin menyenangkan.

Sekedar informasi, nama Parang Tejo sendiri berasal dari bahasa Jawa. Kata “parang” ini artinya tebing, dan ‘tejo’ sendiri bisa diartikan pelangi. Penamaan ini disebutkan bukan cuma ngasal, karena kadang muncul pelangi akibat percikan air terjun yang halus.

Untuk mencapai air terjun yang menawan ini tidaklah sulit. Dari perkampungan penduduk di Desa Gading Kulon, hanya berjarak 1,5 kilometer. Sepanjang 1 kilometer bisa dilalui dengan kendaraan bermotor. Tidak harus kendaraan jenis trail, tapi bisa dengan kendaraan roda dua biasa. Selepas dari kendaraan roda dua, dilanjutkan dengan perjalanan kaki sekitar 500 meter. 



Perjalanan untuk mencapai air terjun ini cukup menyenangkan. Di sepanjang kiri dan kanan jalan, bisa menyaksikan pemandangan perbukitan nan hijau di kawasan hutan lindung. Rerimbunan tanaman pinus dan pepohonan rimba cukup sejuk. Perjalanan yang ditempuh kurang dari satu jam ini pun serasa sangat pendek. Meski demikian, pengunjung harus tetap berhati-hati untuk mencapai lokasi ini. Karena sebagian jalanan setapaknya berbatasan langsung dengan jurang yang amat dalam.



Namun sayangnya angkutan umum menuju kesana tidak ada.  Sesampainya di Dukuh Princi, yaitu dukuh paling barat Desa Gadingkulon, kendaraan dapat dititipkan  di rumah penduduk dan perjalanan dilanjutkan dengan jalan kaki melewati jalan setapak naik turun bukit, menyisir jurang hingga lokasi curug berada.

Bima Wahyu
malangcorner


arief-arsitek


Tautan media yang lain