home

Wisata Pantai Goa China Malang


Pantai ini terletak di Malang selatan tepatnya berlokasi di Dusun Trowotratih, Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, atau tepatnya berada sekitar 6 km di sebelah barat Pantai Sendang Biru.
 
Pantai Gua China sendiri memiliki kisah dan sejarah yang unik. Konon menurut cerita masyarakat setempat, ada sebuah gua di bukit pinggir pantai yang digunakan oleh seorang pertapa China untuk bersemedi. Akhirnya pertapa itu meninggal di gua tersebut. Hal itu diketahui ketika seseorang masuk, hanya ada tulang belulang sang biksu dan tulisan Mandarin di langit-langit gua. Hingga akhirnya pantai ini dinamakan Pantai Gua China oleh masyarakat. Mitosnya, gua ini juga sering dijadikan tempat mencari ‘nomor keberuntungan’. Nilai magis dan sisi kemisteriusan masih selalu mewarnai gua ini.
 
Untuk masuk ke dalam goa tersebut, Anda diharuskan merunduk karena memang pintu masuk goa hanya berukuran kurang lebih setengah meter saja, begitu pula saat Anda memasuki ruangan-ruangan yang lain. 
Tiket masuk ke Pantai Gua China adalah Rp. 4000,-  per orang. Biaya  parkir untuk sepeda motor Rp. 5000,- dan mobil Rp. 7000,-. Berbagai fasilitas terdapat di pantai ini misalnya warung makan, musholla, masjid, kamar mandi, dan tempat parkir. Warung makan tradisional di tempat ini menyediakan aneka makanan. Namun yang paling khas dan banyak dicari oleh pengunjung adalah es degan atau kelapa muda. 
 
Untuk sampai ke pantai ini anda juga bisa memakai kendaraan pribadi. Anda menuju arah Gadang, Turen dan Sendang Biru. Banyak papan petunjuk ke arah tersebut sehingga memudahkan perjalanan. Sekitar 1,5 km  sebelum pantai Sendang Biru ada pertigaan, Anda bisa belok kanan ke arah Pantai Bajul Mati. Dari pertigaan tersebut kurang lebih 5 km sebelah kiri jalan ada papan penunjuk Pantai Gua China. Belok kiri kira-kira 800 meter dengan medan jalan  berbatu-batu sampai akhirnya ada loket tiket masuk Pantai Gua China.
 


arief-arsitek


Tautan media yang lain