home

Wisata Pantai Ngliyep Malang


Berwisata menikmati indahnya panorama laut di tengah musim kemarau memang sebuah pilihan yang tepat apa lagi ditemenin keluarga, teman, ataupun kekasih psti jauh lebih mengesankan. Angin yang berhembus kencang disertai kaki yang basah karena bermain-main di tepi pantai benar-benar sangat menyenangkan. Salah satu alternatif untuk mengisi waktu senggang anda adalah di Pantai Ngliyep.
 
Pantai Ngliyep adalah pantai dengan keindahan alam yang masih natural dengan perpaduan tebing-tebing yang curam dan hutan lindung di sekeliling pantai. Pasir putihnya yang masih alami dan ombak yang serasa bermain di sela-sela tebing membuat pantai Ngliyep layak untuk dikunjungi.
 
Pantai Ngliyep berada di desa Kedungsalam kecamatan Donomulyo, 62 km dari arah selatan kota Malang. Di pantai ini juga terkenal dengan mitosnya sendiri tentang “Nyai Roro Kidul”.
 
Setiap tahunnya, di bulan Jawa tepatnya bulan Maulud, pantai Ngliyep akan lebih ramai dari hari  biasa karena digelarnya acara ritual Upacara Labuhan yang di gelar pada tanggal 15 Maulud. Upacara Labuhan adalah bentuk upacara pengorbanan, dimana kepala hewan ternak seperti kambing atau sapi akan dikorbankan kedalam laut sebagai sesaji.
 
Akses jalan menuju ke pantai ini dari pusat pemerintahan Kabupaten Malang yaitu Kepanjen, tergolong mudah. Infrastruktur jalannya memadai dan medan yang tidak terlalu ekstrem, sangat memudahkan perjalanan kami yang kala itu menggunakan sepeda motor.
 
Tiket masuk Pantai Ngliyep yaitu Rp 5000,- per-orang, ditambah biaya parkir Rp 5000,- per-mobil.Hamparan tanah lapang yang cukup luas dengan pohon-pohon besar dan rindang akan menyambut pengunjung begitu memasuki area pantai. Pengunjung juga dapat memarkir mobil di mana saja di tanah lapang ini karena lokasi untuk parkir belum ditata sebagaimana mestinya.  




Tautan media yang lain