home

Wow! Fakta Salah Satu Rumah Unik Di Dunia


Pernahkah anda melihat rumah  yang bangunan dan semuanya terbalik??
Rumah-rumah ini bukan terbalik dikarenakan tiupan angin kencang atau yang lainnya. Namun rumah ini memang dibuat terbalik oleh pembuatnya. Di luar Negeri, rumah-rumah ini disebut dengan Upside Down House. Upside Down House, merupakan rumah dengan bentuk yang terbalik, atap rumah berada di bawah dan lantai rumah berada di atas. Namun, rumah-rumah ini dibuat bukan untuk ditinggali, melainkan sebagai tempat hiburan atau sebagai objek wisata dan pendidikan.

Tidak hanya tampilan eksteriornya saja yang terbalik, namun semua tampilan interiornya juga dibuat terbalik. Jika masuk ke dalam rumah ini, pasti anda akan terkejut dengan segala perabotan rumahnya yang serba terbalik. Rumah-rumah terbalik ini terdapat di berbagai belahan dunia seperti di Amerika Serikat, Jerman, Polandia, Spanyol, dan lainnya.

Upside Down The House adalah sebuah rumah di Szymbark, Polandia yang dijadikan sebagai salah satu objek wisata menarik yang sering didatangi oleh ribuan wisatawan lokal maupun asing. Hampir setiap pengunjung yang masuk, merasa pusing dan mual karena bangunan Upside Down The House memiliki kemiringan yang begitu luar biasa. Seorang pengusaha asal Polandia Daniel Czapiewski sengaja membuat bangunan rumah ini miring lantaran mengingat kejadian konflik di zaman komunis pada masa lampau.

Pengusaha Polandia dan dermawan Daniel Czapiewski membangun The Upside Down House sebagai pernyataan tentang era Komunis dan akhir dunia. Butuh 114 hari untuk membangun karena pekerja bingung dengan sudut dinding. Rumah ini dibangun selama hampir 4 bulan, 10 kali lebih lama dibandingkan ketika membangun rumah biasa, karena para pekerja mengaku mengalami pusing dan disorientasi arah.


arief-arsitek


Tautan media yang lain