home

6 Fakta Unik Tentang Malang Yang Akan Menjadikan Momok Kangen Anda


Malang tidak hanya sebagai kiasan nama kota dan kabupaten, akan tetapi Malang adalah salah satu wilayah yang banyak menjadi incaran banyak orang terutama wisatawan baik dari dalam kota, luar kota sampai wisatawan asing untuk menikmati wisata dan kuliner yang tersebar banyak di Malang. Ya, Malang merupakan kota yang paling banyak menyimpan kekayaan alam dan keindahan alam yang mempesona. Eits, jangan salah dulu gaes...... di dalam Malang terdapat fakta - fakta uniknya looh , penasarankan ? mari bahas satu persatu :

1. Malang Mendapat Sebutan Surganya Wisata
 
 
 
Pasti kalau fakta yang satu ini Ngalamers tidak asingkan dengan julukan ini, yaaah memang bener Malang Mendapat Sebutan Surganya Wisata karena melimpahnya destinasy - destinasy yang tersimpan dan tersebar banyak di Malang, mulai dari Pantai, Pegunungan, Tata Kota dan bahkan Kulinernya. Di Malang sendiri juga banyak wisata - wisata khususnya untuk edukasi yang tidak kalah serunya dengan wisata yang lain. Kalau kuliner jangan diragukan lagi, di Malang banyak restoran - restoran yang menyajikan makanan - makanan ataupun minuman khas yang akan membuat anda krasan dan betah.

2. Malang Punya Khas Bahasa Masyarakatnya 
 
  
 
Kalau kalian berkunjung ke Malang, anda akan sering mendengarkan kata - kata ataupun frasa yang membuat anda bingung dan berpikir sejenak. Yaaaa contoh saja kata "KERA NGALAM" naaah kalau kalian pendatang kalian pasti bingung dengan kata itu, iyakan ?? jangan kuatir itu bukan kata - kata kotor atau apapun melainkan itu adalah "AREK MALANG" yang artinya "saya makan bakso". Boso Walikan adalah membalikan kata yag dibaca dari belakang saja baik itu bahasa jawa ataupun Indonesia.

3. Malang Kotanya Pelajar
 
  
 
Seperti halnya Yogyakarta, Malang juga mendapat julukan kota pelajar. mengapa ? karena di Malang juga terdapat banyak universitas - universitas pendidikan mulai dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi yang juga menjadi dambaan bagi mereka yang masih pelajar baik Swasta maupun Negeri. Malang juga tak kalah bersaing untuk menjadi target pertukaran mahasiswa asing ataupun mahasiswa asing yang meraih ilmu di Malang.

4. Malang Dijuluki Sebagai Switzerland Van Java, atau bisa disebut Swiss-nya Jawa
 
  
 
Ternyata Malang punya julukan lain selain sebagai kota pelajar, yakni Zwitserland van Java. Hal ini disebabkan Malang Malang memiliki elemen geografis yang dapat dibilang mirip dengan Swiss, seperti hawanya yang sejuk meski tidak bersalju, serta daerahnya yang dikelilingi pegunungan cantik dan menawan, seperti Bromo dan Kawi sehingga menjadikan Malang sebagai salah satu daerah yang memiliki pemandangan yang indah. Jadi di jawa tidak hanya di Bandung saja yang mempunyai julukan Paris van Java tapi Malangpun tidak kalah dengan Switzerland van Java.

5. Kota Terbesar Kedua di Jawa Timur
 
  
 
Di Jawa Timur Malang adalah kota terbesar kedua setelah kota Surabaya, kenapa ? karena banyaknya populasi sekarang yang menjadi faktor padatnya kota Malang baik itu penduduk asli Malang sampai pendatang dan banyaknya bangunan - bangunan yang sudah berdiri mulai dari pusat perbelanjaan dan perumahan. Jadi di Malang jangan takut terkait Makanan, Fashion ataupun lahan properti karena di Malang semua itu ada.

6. Malang kota bersejarah
 
  
 
Terakhir, Malang tidak hanya menyimpan wisata, kuliner dan pendidikan saja lo, tapi kalau anda telusuri lebih, Malang menyimpan banyak jejak histori yang seakan - akan membawa kita ke jaman Malang dulu. Bahkan di Malang juga ada dalah satu perayaan yang di sebut Malang Tempoe Doloe. Perayaan itu untuk mengingatkan kita kembali ke Masa Malang dulu dan supaya jejak histori Malang sendiri tidak akan pernah pudar terutama bagi penduduk Malang sendiri.


arief-arsitek


Tautan media yang lain