home

Fakta Unik Dan Menarik Seputar Bulan Puasa


     Alhamdulillah kita bisa dipertemukan lagi dengan bulan yang penuh berkah ini bulan suci Ramadhan. Di bulan yang penuh berkah dan barokah ini khusunya kita umat Islam di anjurkan untuk berpuasa selama 1 bulan penuh dan malam harinya shalat Tarawih berjama’ah dan tidak lupa dengan Tadarus. Tahukah anda ternyata di bulan puasa banyak beberapa fakta yang menarik yang membuat kita sudah terbiasa akan hal itu. Langsung saja di bawah ini ada beberapa fakta unik dan menarik seputar bulan puasa :

1.Awal Bulan Ramadhan Ditentukan Oleh Bulan
Fakta yang satu ini memang sedikit unik dan benar – benar kenyataan adanya. Awal ramadhan ditentukan oleh munculnya/penampakan bulan baru. Karena hal ini maka kadang awal Ramadhan bisa berbeda – beda di setiap lain daerah maupun dalam satu daerah itu sendiri. Bulan baru sendiri juga bisa di sebabkan karena beberapa faktor diantaranya sendiri adalah kondisi cuacanya.

2.Penanggalan Ramadhan Yang Berubah Setiap Tahunnya
Biasanya tanggal Ramadhan sendiri berubah – ubah atau bergeser 11 atau 12 hari lebih awal setiap tahunnya.

3.Masjid Yang Biasanya Sepi Tiba – Tiba Menjadi Ramai Di Minggu Pertama

Besar kemungkinan hampir di seluruh daerah dimana masjid yang biasanya sepi jama’ahnya tiba tiba menjadi sangat ramai di minggu pertama Ramadhan tiba. Tapi setelah menjelang pertengahan atau minggu kedua sangat disayangkan tiba – tiba mulai menurun sampai menjelang Hari Raya Idul Fitri tiba.

4.Ngabuburit

Inilah tradisi yang paling unik yang sering kita lakukan pastinya pada bulan Ramadhan. Mungkin kalian semua sudah tahu apa itu ngabuburit. Ngabuburit adalah aktivitas yang dilakukan seseorang untuk menghabiskan waktunya sampai menjelang waktu untuk berbuka puasa tiba, misalnya saja dengan jalan - jalan, beli makanan, berkumpul bersama dan lain sebagainya.

5.Berbuka Bersama

Kegiatan yang satu ini sudah tidak bisa terlupakan dan terhindar lagi. Di mana saat Bulan puasa tiba pasti disitulah akan diadakan buka bersama baik di masjid, rumah saudara, rumah makan maupun di tempat makan atau area yang bisa di buat spot untuk Buka bersama. Buka bersama dikenal dengan istilah Bukber, disisi lain dengan Bukber berfungsi sebagai ajang untuk silaturahmi dan mempererat tali persaudaraan kita antar umat Muslim dan Muslimah. 

6.Menu Buka Puasa Terpopuler Adalah Kolak

Kolak adalah makanan khas untuk berbuka yang sudah tidak asing bagi kita dan tubuh kita tentunya. Ya, kebanyakan orang Indonesia hampir setiap buka menu kolak tidak lepas dari hidangan. Kolak yang merupakan makanan yang berbahan dasar pisang dan ketela ini rasanya sangat manis dan tepat untuk dikonsumsi setelah seharian berpuasa. Kolak sendiri juga bisa di variasikan dan dihidangkan dengan banyak variasinya.

7.Membangunkan Orang Sahur

Kegiatan unik ini sudah berlangsung sejak lama dan sudah menjadi tradisi saat bulan Puasa. Biasanya para warga berkumpul terlebih dahulu setelah itu, berkeliling bersama dengan membawa alat pukul seperti galon, penggorengan, kentongan, dan lain sebagainya untuk membangunkan warga lainnya untuk sahur. Kata-kata yang paling umum diucapkan adalah "Sahur... sahur.." dengan nada keras yang sudah cukup terbiasa di telinga kita semua, dan tentunya dari itu semua tetap menjaga slalu ketertiban dan kenyamanan warga

8.Menyalakan Petasan
Tradisi menyalakan petasan ini bukan hanya dilakukan pada tahun baru saja, tapi juga di bulan puasa kita banyak menjumpai tradisi yang satu ini. Biasanya orang-orang menyalakan petasan pada malam hari, sebelum tarawih ataupun sesudah Sholat Tarawih. Walaupun sedikit merisaukan warga tapi tradisi yang untuk ini tetap tidak lepas dari kegiatan bulan Puasa.

Di atas adalah beberapa fakta menarik dan unik seputar Bulan Puasa. Dan sebenarnya ada banyak lagi yang sudah kita ketahui sendiri tetapi kita tidak menyadari akan hal itu. Selamat menjalankan Ibadah Puasa , Marhaban Ya Ramadhan


arief-arsitek


Tautan media yang lain