home

Manakah Yang Paling Menggambarkan Tipe Pasangan Anda Saat Menyelesaikan Masalah?


Selama menjalin hubungan dengan pasangan, masalah sepertinya akan datang silih berganti begitu saja. Bahkan, persoalan yang sama terkadang kembali terulang dan sulit untuk mengubah kebiasaan buruk tersebut. Menurut Anna Dauhan, S.Psi, MSc, selaku Psikolog Klinis Dewasa, ada beberapa tipe orang dalam menghadapi atau menyelesaikan masalah dengan pasangannya, seperti berikut ini.

The Pascifist

Orang dengan tipe ini cenderung mengalah dan tidak ingin memperlebar masalah. Mereka lebih memilih diam, mengakui kesalahan, serta cepat memaafkan pasangannya. Anda lebih suka untuk memberikan kesempatan pasangan untuk bicara, tetapi ketika nada bicaranya sudah mulai tinggi Anda akan segera mengambil jalur agar segera berdamai.
 
The Defense Lawyer
 
  
 
Tipe orang seperti ini lebih senang memberikan ancaman kepada pasangannya. Mereka beranggapan bahwa ketegasan adalah yang terutama. Buruknya, jika keduanya memiliki ego yang sama, maka permasalahan sulit selesai karena tidak ada yang mau kalah satu sama lain. Coba turunkan sedikit ego Anda dan mulailah kembali bicara ketika situasi mulai dingin.
 
Tipe Pushover
 
  
 
Anda lebih suka untuk mendiamkan pasangan ketika ada sesuatu hal yang mengganjal. Mereka bahkan tidak mau menegur ataupun berbicara apapun dengan pasangannya, hingga berharap si dia menyadari akan kesalahannya. Anda akan mulai berinteraksi kembali ketika mereka sudah sadar akan apa yang telah ia lakukan.
 
Tipe Know-It-All

Tipe ini biasanya mendominasi setiap pasangan. Anda akan selalu merasa benar dan tidak ingin salah, sekalipun yang Anda lakukan sebenarnya memang salah. Bahkan mereka cenderung kembali menyalahkan pasangannya atas kejadian atau persoalan yang sedang terjadi.
 
Tipe The Diplomat
 
  
 
Tipe yang satu ini sebenarnya tergolong paling ideal. Mereka cenderung bersikap realistis dan menghindari konflik berkepanjangan. Anda akan mengajak pasangan untuk duduk bersama, mendengarkan perkara satu sama lain, dan memberikan kesempatan masing-masing untuk berpendapat. Sehingga Anda akan menemukan satu solusi bersama sesuai kesepakatan.


arief-arsitek


Tautan media yang lain